Refleksi Hari Pahlawan bagi Generasi Muda

Ragam Perayaan Menyambut Hari Pahlawan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA – Beberapa waktu lalu, tepatnya 10 November, kita memperingati Hari Pahlawan. Di mana pahlawan zaman dulu memperjuangkan dan merebut kemerdekàan dari tangan penjajah, dan mengisi masa peralihan dari zaman kolonial menjadi negara yang merdeka.

Peringati Hari Pahlawan, Wakasal dan Mensos Risma Upacara dan Tabur Bunga di Perairan Teluk Jakarta

Selain merebut kemerdekaan, tentu tokoh bangsa yang menjadi pahlawan tersebut memiliki cita-cita luhur terhadap bangsa ini. Mereka merebut hak dan kedaulatan bangsa yang terjajah, sehingga menjadi bebas merdeka menentukan arah dalam perjalanan bangsa ini.

Jasa para pahlawan sangat besar terhadap bangsa ini. Dari dinamika bangsa yang belum terwujud, sampai menjadi negara yang merdeka. Mereka dengan kekuatan pikiran, fisik, dan tindakannya berhasil merebut kemerdekaan ini dengan susah payah. Tiada  kata-kata yang pantas kita berikan kepada para pahlawan selain menghormati jasa-jasanya.

Cak Imin Ziarah Makam Pahlawan Nasional Kiai As'ad di Situbondo, Ingatkan Resolusi Jihad

Peringatan Hari Pahlawan tidak hanya dimaknai dengan melaksanakan ritual seremoni semata. Kita mengenang jasa para pahlawan bangsa ini untuk bisa mengetahui dan menumbuhkan semangat yang mereka kobarkan untuk bangsa dan negara yang kita cintai. Kita semua harus tahu dan mengenal sejarah agar kita tidak ahistoris terhadap jasa para pahlawan yang telah mati-matian membela bangsa ini.

Sebagai generasi muda, tentunya kita harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mengisi kemerdekaan, sehingga bangsa ini bisa menjadi lebih baik. Generasi muda harus melek sejarah agar kita bisa mengisi dinamika bangsa ke depan dengan menanamkan spirit para pahlawan yang memiliki jiwa bersih dan tulus dalam membangun bangsa.

Peringati Hari Pahlawan 2023, Wamenaker : Pahlawan Ajarkan Jangan Jadi Bangsa Pecundang

Tantangan generasi sekarang yang serba mudah mengakses informasi dengan kemajuan teknologi dan perilaku masyarakat yang telah berubah, semestinya dapat digunakan oleh anak- anak muda untuk kreatif dan mengembangkan skill. Khususnya untuk mengisi kemerdekaan bangsa ini ke depan sesuai dengan cita-cita para pahlawan.

Kita harus memiliki jiwa yang kuat seperti yang ditanamkan oleh para pahlawan. kita harus menjadi spirit dalam perjalanan bangsa ke depan dan menjadi generasi penerus yang mencintai bangsanya. Semoga kita menjadi bagian dari proses kemajuan bangsa yang betul-betul menghargai jasa para pahlawan. (Tulisan ini dikirim oleh Deni Yusup)

Ilustrasi Bendera Merah Putih.

Peringatan Hari Pahlawan, Bendera Merah Putih Berkibar di Perbatasan RI-Timor Leste

Masyarakat diingatkan untuk selalu menghargai jasa para pahlawan.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2023