CERITA ANDA

Aksi Sosial Pengurus RT dan RW di Kapas Madya Surabaya

Mereka menyantuni 44 anak yatim piatu dan fakir miskin.
Aksi Sosial Pengurus RT dan RW di Kapas Madya Surabaya
Anak yatim piatu dan fakir miskin saat akan menerima bingkisan. (U-Report)

VIVA.co.id – “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak memberi makan orang miskin.” (QS. Al-Ma'un: 1-3). Ayat tersebut menerangkan kepada kita agar memberi makan kepada anak yatim dan fakir miskin, serta jangan menyia-nyiakannya. Bahkan tidak cukup untuk memberi makan saja, tapi kita wajib memelihara dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh mereka.

Seperti yang dilakukan oleh seluruh pengurus RW I dan para ketua RT 01 sampai RT 14, Kapas Madya, Kelurahan Kapas Madya Baru, Kecamatan Tambak Sari, Surabaya. Mereka yang tergabung dalam satu wadah bernama Hubbul Aitam ini telah menyantuni anak yatim piatu dan fakir miskin di lingkungan RW I.

Acara yang dilaksanakan pada Sabtu kemarin, 17 Juni pukul 20.30 WIB, bertempat di depan Masjid Miftahul Jannah, Kapas Madya Barat telah menyantuni anak yatim piatu dan fakir miskin sebanyak 44 anak yang berasal dari lingkungan warga RW I. Acara ini didahului dengan istigasah yang dipimpin oleh Ustaz Toha.

Acara yang dilaksanakan dengan sederhana dan penuh khidmat ini dihadiri oleh Lurah Kapas Madya Baru, Siswono S.Sos, anggota DPRD Kota Surabaya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Akhmad Suyanto, ST, MT, para undangan dari warga RW I, dan dua pembicara yaitu KH. Dimyati Ishak dari Bangkalan Madura dan KH. Zulkifli Fakih dari Surabaya.

Ketua panitia, Sulaiman menjelaskan bahwa acara ini merupakan swadaya dari seluruh warga RW I. Sedangkan dana dari para donatur yang masuk ke panitia, seluruhnya akan dibagikan kepada para anak yatim. “Dari jumlah dana yang masuk sebanyak Rp68.888.000, sedikitpun tidak dipakai untuk operasional ataupun yang lainnya. Semuanya dibagikan kepada para anak yatim, sehingga saldonya menjadi nol rupiah. Sedang untuk biaya akomodasi dan yang lainnya merupakan iuran sukarela dari para panitia," tambah bendahara acara, Winaji.

Lurah Kapas Madya Baru menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas aksi sosial dan kerja keras para pengurus RW dan para ketua RT, sehingga bisa terlaksana acara seperti ini. Semoga kelak para generasi muda bisa mengikutinya dan menjadi generasi yang hebat.

Sedangkan, dari kedua penceramah disampaikan bahwa agar kita bisa berhasil dalam hidup, maka bersedekahlah dan jangan sampai kita menjadi orang yang merugi. Yaitu bila Ramadan usai, tapi kita belum mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Serta kita diingatkan agar selalu berbuat baik kepada sesama. "Kita jaga habluminallah dan habluminannas," jelasnya.

Di saat usai pembagian bingkisan dan amplop yang berisikan uang, ada dua donatur yang secara spontan juga turut membagikan sejumlah uang kepada para anak yatim yang masih berdiri di atas panggung. Beliau-beliau adalah anggota DPRD kota Surabaya Akhmad Suyanto ST, MT dan Ibu Abu Bakar warga Kapas Madya RT 12. (Tulisan ini dikirim oleh Ariswanputra, Surabaya)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...