CERITA ANDA

Pemandangan Berbeda di Pantai Losari Makassar

Makassar mengajak seluruh masyarakatnya untuk salat berjamaah.
Pemandangan Berbeda di Pantai Losari Makassar
Gerakan salat berjamaah di Pantai Losari Makassar.

VIVA.co.id – Pemandangan berbeda terlihat di sekitar kawasan wisata Anjungan Bugis Makassar, yang terletak di Pantai Losari. Tidak tampak seperti biasanya, di mana terlihat sejumlah warga masyarakat kota berbondong-bondong menuju lokasi wisata tersebut.

Yang membuatnya tampak berbeda adalah, karena mereka yang datang membawa perlengkapan salat. Setelah saya amati, ternyata di bulan yang suci ini Makassar punya program yang mengajak masyarakatnya untuk salat berjamaah.

Ada yang dikenal dengan Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah (GMSSB). Bahkan, gerakan ini sudah berlangsung lama dan hampir semua dilaksanakan di Pantai Losari.

Bahkan, di bulan Ramadan ini, GMSSB diintensifkan jadwalnya. Yang semula digelar satu bulan sekali, sekarang menjadi lebih padat, yaitu satu kali dalam seminggu. Saya juga dikagetkan dengan adanya salat tarawih berjamaah di Pantai Losari. Padahal, di sana ada juga sebuah masjid, yaitu Masjid Amirul Mukminin atau lebih populer dengan nama Masjid Terapung.

Semoga kegiatan salat berjamaah ini dapat digelar terus oleh pemerintah Kota Makassar dalam segala dimensi. Bukan hanya sekadar dimensi ritual tetapi juga dimensi sosial. (Tulisan ini dikirim oleh Elsa Andriani, Makassar)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...