CERITA ANDA

Doa Penuh Cinta di Bulan Ramadan

Karuniakanlah aku cinta dari orang yang cinta kepada-Mu
Doa Penuh Cinta di Bulan Ramadan
Ilustrasi berdoa. (Reuters/Esam Al-Fetori)

VIVA.co.id – Hampir kebanyakan ustaz menyebut bulan Ramadan sebagai bulan ibadah, bulan saum, bulan tarbiyah, bulan dakwah, dan bulan-bulan lainnya. Tapi tidak ada yang bilang bahwa bulan Ramadan adalah waktu yang pas untuk mencari pasangan hidup. Padahal bulan Ramadan adalah bulan yang sempurna untuk mendekatkan diri dengan kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW.

Bulan Ramadan bagi umat Islam di seluruh dunia adalah momen yang tepat bagi kita untuk mengadu kepada Allah. Mengiba, mengharapkan, dan mengakui bahwa Allah-lah sang pemilik cinta untuk seluruh umat-Nya. Hanya dengan kekuasaan, kebesaran, dan kasih sayang-Nya kepada kita, Allah akan datang untuk selalu dekat dengan kita.

Selain itu, ini adalah momen bagi kita untuk bertaubat dan mengakui segala kesalahan yang bisa menjadi penyebab penghambat terkabulnya doa yang selama ini diharapkan. Dalam hal ini, ayat Allah menjelaskan, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (Al-Baqarah: 186).

Bulan Ramadan juga merupakan bulan yang tepat untuk mengadukan nasibmu dan meminta pertolongan-Nya. Inilah bulan dimana doa-doa kita akan dikabulkan-Nya. Sebagaimana khotbah Rasulullah SAW tentang bulan Ramadan, “Bulan Ramadan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah. Pada bulan itu Allah SWT memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan doa kita,” (HR At-Thabrani).

Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah SWT dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan Ramadan ini, napas-napasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadahmu, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Dia menjawab ketika kita menyeru-Nya. Menyambut ketika kita memanggil-Nya. Dan mengabulkan doa ketika kita berdoa kepada-Nya. Bahkan memudahkan kita untuk bertemu Nabi Muhammad SAW.

Berdoalah pada bulan Ramadan dengan bahasa yang kita pahami. Kemudian resapi dan memohon dengan penuh harapan. Sesungguhnya Allah maha mengerti apa yang engkau ucapkan dan harapkan.

Ya Allah, di mana lagi dapat kutemui cinta sejati kecuali pada cinta-Mu. Ke mana lagi cinta ini harus berlabuh kecuali pada kasih-Mu. Ya Allah, jadikanlah hati yang lemah ini tertambat kukuh hanya pada-Mu. Aku mohon rida atas segenap keputusan-Mu, kesejukan setelah matiku, kenikmatan memandang wajah-Mu, dan kerinduan untuk berjumpa dengan-Mu.

Ya Allah,ampunilah diri yang lemah dan hina ini. Lumurilah kenistaannya dengan magfirah-Mu. Ya Allah, masukanlah aku dalam kalangan hamba-hambaMu yang Kau cintai. Ya Allah, karuniakanlah aku cinta dari orang yang cinta kepada-Mu, dan cinta dari orang yang dekat kepada-Mu. Dan jadikanlah cintaku terhadap Engkau, lebih aku cintai daripada cintaku kepada yang lain. Aamiin yaa robbal’alamin. (Tulisan ini dikirim oleh Erwinmutalib)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...