CERITA ANDA

Sekolah Ini Jadi Tempat Simulasi Bencana se-Bandung

Diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional.
Sekolah Ini Jadi Tempat Simulasi Bencana se-Bandung
Simulasi bencana di SD El Fitra

VIVA.co.id – Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) memilih gedung SD El Fitra Islamic Scientific School sebagai tempat berlangsungnya simulasi penanggulangan bencana alam. Menurut Kurnia, salah satu anggota dari Diskar PB mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional yang jatuh pada Rabu, 26 April lalu.

Kegiatan simulasi ini digelar di beberapa kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Untuk kota Bandung, Diskar PB memilih SD El Fitra menjadi tempat terselenggaranya kegiatan ini. "Selain di sekolah, kita pun akan menggelar kegiatan serupa di beberapa tempat umum seperti rumah sakit, kantor, apartemen, dan lain sebagainya," kata Kurnia ketika diwawancarai.

Kurnia pun menjelaskan alasan Diskar PB memilih SD El Fitra sebagai tempat terselenggaranya simulasi. Menurutnya, bangunan SD El Fitra telah memenuhi persyaratan sebagai lokasi simulasi yang efektif. "Kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi seluruh masyarakat Bandung khususnya pengajar, karyawan, dan siswa siswi SD El Fitra. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesigapan mereka menghadapi berbagai macam bencana," ungkap Kurnia.

Kurnia menginformasikan bahwa simulasi ini diisi dengan beberapa kegiatan. Di antaranya  simulasi gempa bumi, kebakaran, evakuasi korban bencana, dan simulasi menghadapi hewan liar. Agar kegiatan berlangsung sukses dan lancar, pihak Diskar PB melibatkan beberapa komponen pemerintah dan komunitas. Di antaranya dari Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, PMI, Kepolisian, TNI, dan satuan relawan kebakaran yang berada di kecamatan Antapani.

Erly Safitri, selaku kepala sekolah SD El Fitra Islamic Scientific School, merasa bersyukur karena dari sekian banyak sekolah yang tersebar di kabupaten/kota Bandung, hanya SD El Fitra yang terpilih menjadi tempat simulasi penanggulangan bencana. Ia berharap hubungan kerjasama dengan pihak terkait bisa tetap terjaga. (Tulisan ini dikirim oleh Sinta Guslia)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...