CERITA ANDA

Kemiskinan Memaksa Anak Ikut Bekerja

Anak dipaksa ikut merasakan kondisi sosial ekonomi orang tuanya.
Kemiskinan Memaksa Anak Ikut Bekerja
Ilustrasi kemiskinan (uk.reuters.com)

VIVA.co.id – Indonesia yang memiliki kekayaan akan hasil rempah-rempahnya masih belum menutupi kondisi sosial ekonomi saat ini. Kondisi yang jauh dari harapan dan tidak sesuai dengan kenyataan. Kondisi yang dilihat sangat memprihatinkan yang harus dihadapi dan dijalani oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Demi kelangsungan hidupnya mereka seperti dituntut untuk menjalankan sesuatu.

Anak usia di bawah umur yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak justru dihadapkan dengan kenyataan kondisi yang ada. Mereka diajak untuk mencari sesuap nasi dengan cara bernyanyi di sekitar jalan raya ibukota yang ramai atau dari satu bus ke bus lainnya menggunakan alat musik sederhana.

Anak yang seusianya seharusnya senang bermain dan bercanda tawa dengan teman sebaya, justru harus ikut merasakan kondisi sosial ekonomi orang tuanya. Memberikan pendidikan yang layak untuk sang anak adalah harapan terbesarorang tua. Namun apalah daya, kondisi yang sangat tidak memungkinkan memaksa anak untuk dihadapkan dengan kenyataan yang ada demi mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat kalangan menengah ke atas dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah ini terjadi karena ketidakmerataan yang diakibatkan oleh lambatnya pertumbuhan perekonomian negara saat ini. Terlihat perbedaan keberadaan kawasan mewah yang golongan masyarakatnya kelas menengah ke atas dengan keberadaan kawasan kumuh pada golongan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Kondisi sosial masyarakat Indonesia ini tidak hanya terjadi pada tingkat kemiskinan. Tingkat pengangguran juga banyak terjadi akibat jumlah penduduk dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sebanding.

Permasalahan yang terjadi mengenai kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia tersebut diakibatkan karena kinerja pemerintah yang tidak maksimal. Selain itu, Pemerintah tidak bijaksana dalam memprioritaskan kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat dengan kelas menengah ke bawah.

Tindakan korupsi menjadi salah satu penyebab kondisi perekonomian Indonesia yang sangat memprihatinkan ini. Program-program pemerintah yang sudah direncanakan tidak mencapai sasaran. Akibat tindakan korupsi tersebut, mengurangi potensi pendapatan yang kemungkinan bisa diterima oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. (Tulisan ini dikirim oleh Rida Al Hidayah, mahasiswa Universitas Nasional, Jakarta)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...