CERITA ANDA

Polsek Banjarmasin Timur Buat Aplikasi Layanan Masyarakat

Meski gratisan, aplikasi ini tidak kalah dari aplikasi berbayar.
Polsek Banjarmasin Timur Buat Aplikasi Layanan Masyarakat
Aplikasi android yang dibuat Briptu Eddy. (U-Report)

VIVA.co.id – Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, Polri terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan mudah kepada masyarakat. Hal itulah yang membuat Briptu Eddy Purwanto tergerak hatinya untuk mencari bagaimana caranya agar masyarakat yang membutuhkan bantuan dari polisi khususnya Polsek Banjarmasin Timur bisa mendapat pelayanan yang cepat, mudah, tidak berbelit, dan bebas pungli.

Dengan berbekal sedikit kemampuan dan ilmu di bidang TI (Teknologi Informasi), Briptu Eddy memikirkan bagaimana caranya bisa membantu memudahkan masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi atau konsultasi hukum bisa hanya dengan smartphone. Tanpa harus menunggu ke kantor polisi dulu, khususnya Polsek Banjarmasin Timur.

Sejalan dengan itu, Kapolri Jenderal Polisi Drs.Tito Karnavian pun sebelumnya juga sudah memerintahkan kepada seluruh jajaran Polri untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih mudah dan berbasis TI kepada masyarakat, yang termuat dalam program Prioritas Kapolri Prog 2.

Karena niatnya ingin memudahkan masyarakat, di sela-sela kesibukannya sebagai anggota Polri, Briptu Eddy membuat sendiri aplikasi online pelayanan masyarakat berbasis android. Melalui situs pembuat aplikasi android gratis, Briptu Eddy menyulap aplikasi gratisan tersebut menjadi sebuah aplikasi sederhana tapi memiliki banyak fungsi di dalamnya. Melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui file APK secara gratis ini diberi nama Aplikasi "Polsek Bantim".

Tapi jangan salah, meski gratisan aplikasi ini tidak kalah dari aplikasi-aplikasi berbayar seperti serupa. Di dalam aplikasi ini masyarakat bisa konsultasi masalah hukum, membuat laporan pengaduan secara online, pengawalan, pengamanan, bisa juga membuat SKCK secara online melalui menu yang diarahkan ke situs resmi Polri yaitu polri.go.id.

Selain itu, bagi yang ingin tahu kegiatan Polsek Banjarmasin Timur ada aplikasi news yang khusus menampilkan berita kegiatan Polsek Banjarmasin Timur. Mau latihan uji SIM, di aplikasi ini juga ada simulator latihan uji SIM yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri. Mau pantau Karhutla, di aplikasi ini Anda juga bisa memantau sebaran panas atau hot spot kebakaran hutan atau lahan serta peringatan dininya.

Tanpa sedikitpun mengeluarkan biaya, hanya dengan niat tulus melayani dan memberi kemudahan bagi masyarakat, akhirnya aplikasi tersebut selesai dan bisa digunakan. Tapi sayang, karena gratis tanpa modal, aplikasi ini sementara baru bisa didownload melalui file APK atau kode barcode. Untuk link download melalui ponsel android adalah http://d2wuvg8krwnvon.cloudfront.net/appfile/54abea935c91.apk

Silahkan di klik link tersebut, dan download gratis tanpa ada biaya. Anda hanya akan diminta mendaftarkan akun Anda untuk masuk pertama kali. Saat ditanya kepada Briptu Eddy kenapa mau susah-susah membuat aplikasi tanpa dibayar, Briptu Eddy sambil tertawa menjelaskan kalo niatnya membuat aplikasi tulus ikhlas ingin membantu agar masyarakat yang ingin berurusan ke Polsek Banjarmasin Timur bisa lebih mudah. Bahkan sekarang ada di genggaman tangan.

Ia tak sedikitpun mengharap upah dari kantornya berdinas. “Ya, ingin bantu masyarakat saja supaya lebih mudah dan dari manapun masyarakat tetap merasa dekat dengan Polri khususnya Polsek Banjarmsin Timur. Alhamdulilah berkat dukungan dan motivasi yang sangat besar dari Kapolsek Banjarmasin Timur, Ibu Kompol Dese yulianti.SH.Map aplikasi ini bisa selesai,” tambah Ur Taud Polsek Banjarmasin Timur ini. (Tulisan ini dikirim oleh eddy28)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...