CERITA ANDA

Indahnya Pasir Angling, Objek Wisata Baru di Lembang

Kita dapat melihat langsung keindahan dataran tinggi Lembang.
Indahnya Pasir Angling, Objek Wisata Baru di Lembang
Curug Bellarosa, Lembang, Bandung. (foto u-report) (U-Report)

VIVA.co.id – Bosan dengan hiruk pikuk kehidupan di kota? Atau bosan dengan tempat wisata yang selama ini ada? Ayo datang ke Kampung Pasir Angling! Kampung Pasir Angling merupakan salah satu kawasan wisata di Lembang yang masih terbilang baru dan belum banyak diketahui orang.

Kampung ini terletak di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang dan dapat dijangkau dalam satu jam dari Kota Bandung. Memasuki wilayah Kampung Pasir Angling, wisatawan akan langsung disuguhi hijaunya perkebunan di kiri-kanan jalan. Tidak hanya itu, di sana wisatawan juga dapat melihat langsung keindahan dataran tinggi Lembang yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Beberapa meter dari area perkebunan, wisatawan akan menjumpai rumah-rumah warga yang dihiasi mural-mural bertemakan perkebunan dan perternakan. Warna-warni dari mural ini mengambarkan dengan jelas ciri khas dari Kampung Pasir Angling. Dan bisa jadi pilihan yang keren untuk latar belakang foto Anda. Daya tarik lain dari kampung ini adalah rumah-rumahnya yang masih tradisional. Rumah panggung dengan bilik bambu yang jarang kita jumpai di perkotaan bisa dengan mudah kita temui di sini.

Selain itu, objek wisata lain yang bisa ditemui adalah Curug Bellarosa, Batu Ngampar, dan Gunung Bukit Tunggul. Curug Bellarosa adalah salah satu air terjun di Jawa Barat yang memiliki keasrian dan keindahan yang alami. Untuk bisa mencapai Curug Bellarosa, wisatawan harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit dari area rumah warga.

Perjalanan Anda menuju curug akan ditemani segarnya udara pegunungan dan asrinya hutan pegunungan. Batang-batang pohon pinus yang menjulang menambah keindahan hutan. Tak ada salahnya jika Anda berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan sekitar sekaligus mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Dengan semua sajian alam yang ada, perjalanan menuju curug tidak akan terasa lama.

Lalu, di penghujung perjalanan wisatawan akan disambut oleh Curug Bellarosa. Saat pertama kali memasuki kawasan air terjun, wisatawan akan disambut oleh saung-saung tradisional yang bersih dan nyaman. Dengan atap serabut ijuk dan bilik bambu sederhana ataupun sekedar pilar di tengah saung.

Lurus dari area saung, wisatawan akan melihat Curug Bellarosa. Aliran air terjun yang indah, masih sangat alami, dan belum terjamah tangan-tangan jahil manusia. Curug ini sangat cocok untuk melepas penat dari kehidupan sehari-hari. Untuk dapat menikmati pemandangan air terjun ini, wisatawan memiliki dua opsi. Yaitu dari dari sisi atas atau bawah air terjun.

Pemandangan yang ditawarkan dari dua tempat tersebut jelas terasa berbeda. Jika dilihat dari atas, wisatawan juga dapat melihat keindahan alam Lembang yang hijau dan masih asri. Sedangkan jika dari bawah, maka wisatawan dapat melihat keindahan Curug Bellarosa lebih dekat.

Selain air terjun, hal unik lain yang bisa Anda temukan di kawasan wisata ini adalah Batu Cinta. Batu Cinta adalah batu unik yang berbentuk hati yang biasanya dijadikan tempat untuk menyalakan api unggun. Di sini, Anda bisa menemukan banyak tempat berfoto yang indah yang sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Setiap pengunjung akan dipungut biaya lima ribu rupiah sebagai tiket masuk area wisata.

Selain itu, Anda tidak akan kesulitan mencari tempat untuk beristirahat begitu sampai di sana. Saung-saung yang ada juga warung-warung warga setempat bisa menjadi pilihan Anda untuk bersantai dengan nyaman. Masih di Kampung Pasir Angling, objek wisata lainnya yang tidak kalah indah dari Curug Bellarosa adalah Batu Ngampar. Batu Ngampar adalah objek wisata alam yang menawarkan keindahan hamparan batu dari hulu sampai ke Curug Bellarosa. Batu-batu aneka ukuran itu menghiasi sekeliling objek wisata.

Tak jauh dari dua lokasi, wisata lainnya adalah area Bukit Tunggul yang menawarkan sejumlah pemandangan alam Kota Bandung dan pegunungan Lembang dari ketinggian. Selain itu, ketinggian bukit yang tidak terlalu tinggi menjadikan Bukit Tunggul cocok bagi para wisatawan untuk treking. Terutama bagi keluarga yang ingin merasakan sensasi wisata alam terbuka yang baru dan berbeda dari yang lainnya.

Jika Anda berkunjung ke Bukit Tunggul, Anda juga bisa menemukan perkebunan kina dan kopi. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena warga setempat bisa mengantar Anda sampai puncak bukit. Bagi Anda yang masih bingung dengan tujuan liburan Anda, tidak ada salahnya jika Anda datang ke Kampung Pasir Angling ini. (Tulisan ini dikirim oleh diararizqika)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...