CERITA ANDA

JPPKS Banten Dukung Program Mensos 2.000 LKS

Dinilai dapat membantu penanganan masalah sosial di masyarakat.
JPPKS Banten Dukung Program Mensos 2.000 LKS
Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) (foto jakarta.go.id) (jakarta.go,id)

VIVA.co.id – Jaringan Pemuda Peduli Kesejahteraan Sosial (JPPKS) Banten mendukung target Kementerian Sosial (Kemensos) untuk perluasan program Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di seluruh wilayah di Indonesia. LKS yang rencananya akan dibentuk sebanyak 2.000 titik oleh Kemensos dinilai dapat membantu penanganan penyandangan masalah sosial di masyarakat. Sehingga, persoalan sosial dapat tertangani secara integratif dan sistematis.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Koordinator JPPKS Banten, Ronny K. Suryanegara pada Rabu (1/3) di Serang, Banten. "Seiring dengan target pembentukan LKS sebanyak 2.000 titik oleh menteri sosial, Ibu Khofifah Indar Parawansa, JPPKS menyatakan dukungan dan menyambut baik dengan rencana ini," ucapnya.

Sikap JPPKS dikatakan oleh Ronny berdasarkan pada Permensos nomor 184 tahun 2011, bahwa LKS merupakan bentuk kontribusi nyata unsur-unsur masyarakat seperti pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh cendekiawan untuk ikut terlibat aktif, berpartisipasi dan berkolaborasi dalam mempercepat penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial,dan penanggulangan kemiskinan.

"LKS jadi tanggungjawab kita semua. Tidak hanya Pemerintah, tapi juga seluruh lapisan masyarakat. Ini pelembagaan dari rasa solidaritas masyarakat agar tercapainya kondisi social awareness dan sosial inklusif di masyarakat," jelas Ronny.

Selain itu, ia mengaku, secara swadaya JPPKS telah melakukan sosialisasi LKS di Banten. Ia berharap pembentukan LKS bisa terus ditambahkan. Juga diimbangi oleh komitmen untuk dilibatkannya LKS secara maksimal sebagai mitra Kemensos. "Insyaallah kami akan membantu melakukan perluasan LKS ini, terutama di wilayah tertinggal seperti Lebak dan Pandeglang di Banten. Secara swadaya sosialisasi melalui advokasi ke masyarakat sudah kami lakukan," pungkas Ronny. (Tulisan ini dikirim oleh Rony K Suryanegara, JPPKS Banten)

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...