CERITA ANDA

Dua Puluh Sekolah Ikuti Jumbara Ranting PMR I Tanah Grogot

Sebagai bentuk upaya membangun Sekolah Siaga Bencana.
Dua Puluh Sekolah Ikuti Jumbara Ranting PMR I Tanah Grogot
Jumbara Ranting PMR I Tanah Grogot. (foto u-report)

VIVA.co.id – Sebagai salah satu wujud implementasi sumbangsih program Palang Merah Indonesia (PMI) khususnya dalam mendidik generasi muda, melalui wadah organisasi Palang Merah Remaja (PMR) Mula setingkat SD/MI, PMR Madya setingkat SMP/MTs, dan PMR Wira setingkat SMA/SMK/MAN, PMI Ranting Tanah Grogot menyelenggarakan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Ranting PMR I Kecamatan Tanah Grogot Tahun 2017.

Acara ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesejahteraan Rakyat, H. Muslich mewakili Bupati Paser, di Lapangan Sepak Bola Desa Sungai Tuak, Jumat (24/2). Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0904/TNG Letkol Arm Mulyadi, yang mewakili Kapolres Paser, Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata H Ishak, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja M Sidik, Pengurus PMI Kabupaten Paser, Kepala PMI Ranting Tanah Grogot Rusnawati, Kepala Desa Sungai Tuak, dan para Kepala Sekolah di lingkungan Kecamatan Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Bupati Paser dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesejahteraan Rakyat, H. Muslich mengatakan kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk memupuk pengabdian sejak dini serta meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan ketanggapan para peserta Jumbara dalam penanggulangan bencana.

“Saya berharap agar kegiatan ini rutin digelar di tahun yang akan datang. Dan kepada para peserta Jumbara saya berpesan gunakan dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam kegiatan ini untuk memperoleh ilmu dan wawasan serta meningkatkan keterampilan yang nantinya akan dibawa dan diterapkan kembali ke masing-masing sekolah,” kata Muslich.

Kepada PMI Kabupaten Paser ia juga berpesan untuk tetap berpegang teguh terhadap prinsip-prinsip dasar PMI. Yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, persatuan dan kesatuan sebagai ujung tombak dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan. PMI juga merupakan elemen penting sekaligus mitra Pemerintah Kabupaten Paser dalam mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan pembangunan dalam hal kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana di daerah.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara, Sukartini mengatakan kegiatan Jumbara ini akan berlangsung selama tiga hari. Mulai 24 Februari hingga 26 Februari 2017, dan diikuti 20 Sekolah yang terdiri dari dua SD, delapan SMP/MTs, dan sembilan SMA/SMK/MAN. Dijelaskan Sukartini, Jumbara Ranting PMR Kecamatan Tanah Grogot yang baru pertama kali digelar ini mengusung tema, “Remaja yang Kreatif, Berkarakter dan Bersahabat”.

Kegiatan ini juga sekaligus merupakan sebuah tantangan komitmen awal dari komponen PMI Kabupaten Paser untuk terus-menerus melaksanakan pola pembinaan dan pengembangan PMR yang ada di masing-masing sekolah. Lebih luas lagi, kegiatan ini sebagai bentuk upaya membangun Sekolah Siaga Bencana di Kabupaten Paser.

Sejumlah kegiatan akan digelar pada acara Jumbara ini. Seperti traveling kepalangmerahan, latihan kesiapsiagaan bencana, peningkatan keterampilan, dan cerdas tangkas ke-PMR-an, lomba yel-yel dan kreasi remaja, outbond, serta bakti sosial penanaman pohon di sekitar area kegiatan Desa Sungai Tuak. (Tulisan ini dikirim oleh Alif Nur Cahyana)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...