CERITA ANDA

Generasi Millennial Pembawa Perubahan

Negara harus ikut terlibat mengarahkan generasi ini.
Generasi Millennial Pembawa Perubahan
Ilustrasi generasi millennials. (Pixabay/ nastya_gepp)

VIVA.co.id – Generasi millennial diistilahkan untuk mereka yang lahir sekitar tahun 2000-an. Mereka dianggap sebagai generasi yang lahir di saat teknologi sudah maju dan zaman yang sudah modern. Generasi ini dipersiapkan untuk masa depan bangsa yang lebih dinamis, modern, dan canggih. Sikap mereka yang ‘melek’ teknologi diharapkan mampu memberikan perubahan yang lebih baik terhadap bangsa ini.

Terbukti bahwa banyak lomba bidang sains dan teknologi baik regional maupun internasional dijuarai oleh generasi millennial Indonesia. Namun, tidak semua anak bangsa yang mampu mengaplikasikan kemajuan teknologi dengan positif. Banyak yang menyimpang dari tujuan awal terciptanya teknologi, terutama di era milenium ini.

Tindakan cepat harus segera diambil untuk meluruskan kesalahan ini. Negara harus ikut terlibat mengarahkan generasi millennial. Ini untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.  Pemanfaatan teknologi harus terarah. Kondisi mental generasi ini harus diasah agar berani tampil di depan. Bukan hanya sebagai kompor di belakang layar komputer atau gadget.

Selain itu, Indonesia juga sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi era MEA (Masyarakat Ekonomi Eropa). Berarti, generasi inilah yang harus mematangkan diri agar tidak ketinggalan dari bangsa lain. Indonesia harus lebih gesit dalam membangun generasi millennial ini sebagai pasukan tangguh, baik di dunia maya maupun nyata.

Kita sebagai pemuda yang hidup saat ini merupakan bagian dari generasi millennial ini. Oleh karena itu, sudah saatnya mengembangkan diri karena bangsa membutuhkan tenaga dan ide-ide dari generasi muda ‘melek’ teknologi. Bukan pemuda yang lemah dan hanya berani bicara tapi tidak berani bertindak. Berani mencela, tapi takut minta maaf. Sikap pemuda yang berani berbuat dan berani bertanggungjawablah yang benar-benar siap untuk menanggung beban dan amanat dari jutaan penduduk Indonesia.

Generasi millennial harus selalu berpikir positif, beretika, santun dan berani bertindak. Itulah generasi yang diharapkan oleh mantan presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Pemuda yang mampu mengubah dan menguasai dunia dengan sikap dan tindakan yang cerdas dan berani. (Tulisan ini dikirim oleh Rahmad Novandri)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...