CERITA ANDA

Menengok Sumur Kejayaan Makam Sunan Gunung Jati

Air sumur ini tidak pernah kering walaupun di musim kemarau.
Menengok Sumur Kejayaan Makam Sunan Gunung Jati
Sumur Pitu Makam Sunan Gunung Jati

VIVA.co.id – Warga Kota Cirebon mengenal sosok Syarif Hidayatullah atau biasa dikenal dengan sebutan Sunan Gunung Jati. Ia merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang menjadi teladan hingga saat ini. Sosoknya sangat dikenal khususnya bagi warga Jawa Barat. Sebab ia merupakan satu-satunya Wali Songo yang menyebarkan agama Islam sekitar tahun 1450 di Jawa Barat.

Dalam riwayat, Sunan Gunung Jati juga menyimpan kekeramatan dan kemistisan tersendiri, terutama di sekitar makam beliau. Konon ketika hari-hari besar keagamaan Islam seperti Jumat kliwon, malam 1 Suro, atau Maulid Nabi maka Makam Sunan Gunung Jati beserta daerah sekitarnya menjadi sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah yang datang untuk berdoa dan memohon perlindungan dari Sang Pencipta.

Di daerah tersebut pun memiliki kemistisan tersendiri yang membuat orang-orang baik dari Cirebon maupun luar daerah seperti Jakarta, Medan, Palembang berbondong-bondong mengunjungi makam beliau. Hal yang paling menarik dari Makam Sunan Gunung Jati terletak pada Sumur Pitu atau kerap disebut 7 sumur. Banyak yang membuktikan bahwa 7 sumur di sekitar Makam Sunan Gunung Jati memiliki tuah dan manfaat bagi siapa saja yang menggunakan ainya. Salah satunya ialah Sumur Kejayaan.

Para pejabat kerap menyambangi Sumur Kejayaan ketika Pilkada sedang berlangsung. Mereka datang ke sana untuk meminta berkah, perlindungan, dan rida. Serta guna menguatkan rasa percaya diri, khususnya bagi para kandidat yang berlaga di dunia politik untuk menarik perhatian masyarakat.

Hal senada diungkapkan oleh KH. Salaudin yang merupakan salah satu juru kunci Makam Sunan Gunung Jati. Ia berkata bahwa menurut cerita yang berkembang di kalangan masyarakat, jika seseorang mandi atau mencuci muka maupun minum langsung dari air sumur tersebut maka niscaya mereka diberikan berkah.

Beliau juga menambahkan, “Walaupun para peziarah banyak datang berkunjung ke sini, namun air sumur ini tidak pernah kering dan selalu berkecukupan, walaupun di saat musim kemarau. Namun, jika seseorang yang datang ke sana memiliki niat yang buruk, maka air sumur tersebut akan menjadi keruh dan berbau anyir,” terangnya.

Menurut salah satu pengunjung yang berada di Sumur Pitu, Sunan Gunung Jati adalah seorang negarawan yang memiliki karisma. Sehingga sangatlah wajar jika orang-orang percaya bahwa sumur yang dulu digunakannya memberikan banyak khasiat. (Tulisan ini dikirim oleh Alfonsus, mahasiswa President University, Cikarang)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...