CERITA ANDA

Pameran Seni Rupa Dwi Tahunan Ala Mahasiswa Polimedia

Surat Rupa ialah pesan yang ingin disampaikan lewat visual.
Pameran Seni Rupa Dwi Tahunan Ala Mahasiswa Polimedia
Surat Rupa, pameran seni rupa Polimedia.

VIVA.co.id – Surat Rupa merupakan nama ajang pameran karya dwi tahunan oleh mahasiswa dan mahasiswi prodi desain grafis Politeknik Negeri Media Kreatif. Dan karya dari ajang pameran ini mencakup desain grafis dan seni rupa.

Menurut sumber dari salah satu mahasiswa prodi desain grafis bernama Syahrul Muhamad hafizini, dinamakan Surat Rupa karena surat itu berarti pesan dan rupa itu visual. Jadi, Surat Rupa ialah pesan yang ingin disampaikan lewat visual dari kegelisahan, kegundahan, isu, dan sudut pandang mahasiswa dan mahasiswi prodi desain grafis Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia).

Di sore hari menjelang senja, pada tanggal 19 Oktober 2016 adalah pembukaan Surat Rupa. Tepatnya di Hall Politeknik Negeri Media Kreatif. Dan acara ini dilaksanakan sampai dengan hari Jumat, tepatnya tanggal 21 Oktober 2016.

Di ajang pameran ini terdapat salah satu acara yang menarik, yaitu Gambreng. Gambreng itu sendiri adalah Gambar Bareng. Kegiatan Gambreng ini diadakan setiap dua bulan sekali yang diikuti oleh seluruh mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif.

“Konsep Gambreng ini sendiri termasuk sangat unik karena bernama, Kemaren. Kemaren merupakan hasil karya sebelumnya yang ditampilkan saat hari ajang, dimana pameran ini berlangsung,” ujar Syahrul Muhamad Hafiz, mahasiswa prodi desain grafis Politeknik Negeri Media Kreatif.

Di dalam acara Gambreng ini terdapat artist talk oleh YGST dan live painting oleh Herzven. Lukisan Herzven ini bertemakan gambar ilustrasi. Di ajang pameran Surat Rupa ini terdapat ruang pameran yang menampilkan hasil karya mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif. Dan ruangannya disebut Ruang Sombong.

Ruang Sombong merupakan hasil karya prodi desain grafis mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreati. Kumpulan hasil karya ini berupa lukisan, typography, gambar ilustrasi, dan sebagainya.

Ajang pameran ini tidak hanya dimeriahkan oleh karya desain grafis dan seni rupa saja. Tetapi, dimeriahkan juga oleh bintang tamu papan atas yaitu The Upstairs. Lalu, terdapat penampilan dari grup musik lainnya. Seperti Ananta Janma, Astan, DRIFV, Kecoa Terbang, Kompeni Perkusi, Kolase Anak Rumahan, Magic Seaweed, MAKA, New Shine, Stand Up Comedy, dan masih banyak lagi.

Acara Surat Rupa ini dibuka untuk umum dan untuk para pecinta desain grafis dan seni rupa acara ini patut dikunjungi. Dan pastinya tidak dipungut biaya sedikitpun. (Tulisan ini dikirim oleh Daaris Nurrachmah dan Ashley Fatimah, mahasiswa Universitas Pancasila, Jakarta)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...