CERITA ANDA

Pentingnya Bahasa dalam Era Globalisasi

Di komunitas ini banyak mengajarkan bahasa asing.
Pentingnya Bahasa dalam Era Globalisasi
Komunitas Fakta Bahasa

VIVA.co.id – Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan individu agar dapat menentukan kehidupan yang mandiri, kreatif, inovatif serta mampu memahami nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat. Salah satu bidang pendidikan yang perlu diperhatikan masyarakat di era globalisasi saat ini adalah pendidikan bahasa asing.

Mempelajari bahasa asing merupakan bekal di saat kita semua akan melangkah dalam kehidupan globalisasi. Dengan menguasai bahasa asing seseorang dapat berkomunikasi lebih jauh, sehingga wawasannya dengan teknologi informasi sendiri akan lebih terbuka.

Di era globalisasi, dunia kerja semakin berkembang dan maju dalam memperluas lingkupnya hingga lintas negara, maka peran bahasa asing semakin dibutuhkan. Jadi tidak heran jika dunia kerja memberikan nilai yang tinggi terhadap seseorang yang dapat berbahasa asing.

Fakta Bahasa merupakan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan yang tersebar di 12 daerah di Indonesia. Yaitu Bandung, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Solo, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Malang.

Aktivitas yang dilakukan komunitas ini adalah mempelajari bahasa dan juga kebudayaan asing. Seperti Jepang, Korea, Spanyol, Perancis, Jerman, Turki, dan Rusia. Kegiatan belajar yang dilakukan dibimbing oleh seseorang yang disebut sebagai tutor. Yaitu mereka yang menguasai bahasa asing yang merupakan mahasiswa sastra asing atau pernah tinggal di luar negeri.

Salah satu tutor dalam Komunitas Fakta Bahasa ini ada yang bernama Putri Adillah, selaku mahasiswi di Universitas Pancasila. Dia mengajar bahasa Turki dengan bertujuan ingin berbagi ilmu dan saling bertukar ilmu tentang bahasa dan budaya asing.

Komunitas ini terbuka untuk semua orang yang mau mempelajari bahasa dan kebudayaan asing tanpa adanya pungutan biaya. Komunitas ini juga terbuka untuk umum kira-kira dari usia 15-32 tahun. Fakta bahasa ini memiliki tujuan untuk saling bertukar ilmu tentang berbagai macam bahasa asing di seluruh dunia. Sebelumnya komunitas ini dinamakan Fakta Bahasa karena komunitas tersebut bergelut di bidang kebahasaan.

Lokasi untuk berkumpulnya Fakta Bahasa ini tidak tetap. Mereka selalu berpindah-pindah lokasi tempat untuk belajar dan mengajar. Tetapi untuk sekarang ini, Komunitas Fakta Bahasa dilakukan di Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran. Fakta Bahasa ini memulai belajar dan mengajar dari jam 11.00 – 17.00 WIB. Untuk satu clubbing pembelajaran menghabiskan waktu selama 1 jam. (Tulisan ini dikirim oleh Dwi Salfiani, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila, Jakarta)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...