CERITA ANDA

Menyongsong Ulang Tahun Kumaung ke-3

Anggota Kumaung telah hadir di beberapa kampus besar di Serang.
Menyongsong Ulang Tahun Kumaung ke-3
Ulang Tahun Organisasi Kumaung ke-3

VIVA.co.id – Kumaung atau yang dikenal dengan singkatan Keluarga Mahasiswa Cibaliung adalah sebuah organisasi mahasiswa primordial yang menghimpun anggota dari 8 kecamatan zona 6 Kabupaten Pandeglang (Kecamatan Panimbang, Sobang, Cigelis, Cikesik, Cibaliung, Cibitung, Cimanggu, dan Sumur).

Kumaung dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 2013, di Kampus IAIN SMH Banten dengan penuh semangat persatuan mahasiswa Cibaliung, khususnya yang berada di wilayah Serang. Berdirinya organisasi Kumaung dilatarbelakangi oleh keadaan sosial, ekonomi, budaya, dan politik di wilayah Cibaliung (zona 6) itu sendiri.

Secara umum, bahwa Cibaliung dalam keadaan yang tertinggal dan hanya sedikit saja mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah Pandeglang dan Provinsi Banten. Ketertinggalan itu bisa dilihat dari kondisi pendidikan yang masih minim baik fasilitas ataupun kualitas, pelayanan kesehatan, infrastruktur jalan, dan perekonomian yang masih lemah bagi masyarakat setempat. Padahal Sumber Daya Alam (SDA) di wilayah Cibaliung cukup mumpuni untuk membangun kesejahteraan ekonomi masyarakat Cibaliung. Di sisi lain, semakin masif-nya perampasan tanah yang dirasakan oleh petani-petani di sekitar Cibaliung.

Beberapa hari lagi, tepatnya pada 28 Oktober 2016, Kumaung akan menginjakkan usianya di angka 3 tahun. Meski demikian, anggota Kumaung telah hadir di beberapa kampus besar yang ada di Serang dengan jumlah yang cukup banyak. Dan juga selalu konsisten dalam perjuangan-perjuangan, khususnya menyuarakan persoalan yang terjadi di wilayah Cibaliung. Selain keberadaan anggotanya di Serang, juga banyak di Cibaliung itu sendiri.

Di ulang tahun atau kalau dalam bahasa daerah Cibaliung yaitu tepang tahun Kumaung yang ke-3 ini, tentu terdapat harapan yang besar. Sesuai dengan tema yang diusung pada ulang tahun atau tepang tahun ke-3 ini, yaitu “Perkuat Persatuan, Perluas Organisasi, dan Berjuang Bersama Rakyat”.

Adapun rangkaian acara pada hari ulang tahun Kumaung nanti di antaranya ada penampilan tarian daerah, seni pencak silat, pembacaan puisi perjuangan, orasi kebangsaan, dan penampilan band. (Tulisan ini dikirim oleh Haetami Ahmad, Ketua Kumaung Serang, Banten)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...