CERITA ANDA

TNI Ajari Masyarakat Tomerau Membuat Ikan Asin

Ini merupakan bagian dari program kegiatan keluarga asuh.
TNI Ajari Masyarakat Tomerau Membuat Ikan Asin
Satgas Pamtas Yonif 407/PK ajari masyarakat Tomerau membuat ikan asin. (U-Report)

VIVA.co.id – Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial dengan mengajari cara pembuatan ikan asin di Desa Tomerau, Distrik Neukenjerai, Merauke. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pos Satgas Pamtas Yonif 407/PK mendukung program keluarga asuh sebagai salah satu program unggulan Satgas Pamtas Yonif 407/PK.

Pembuatan ikan asin gastor (gabus toraja) dipusatkan di pekarangan rumah Mama Marta. Dengan pengajaran dari anggota pos Satgas Yonif 407/PK, masyarakat dapat menambah penghasilan melalui penjualan ikan asin seharga Rp25.000/kg. Dengan lama pembuatan ikan asin sekitar 7 hari (satu minggu).

“Pos membantu mulai dari mencari ikan gabus di sungai dengan jaring, membuatkan para-para untuk menjemur ikannya, hingga menjadi ikan asin selama kurang lebih satu minggu. Kita ajari masyarakat cara pembuatan ikan asin. Kebetulan ada anggota pos, Kopral Victor dan Kopral Muslim, yang mengerti cara membuat ikan asin,” lanjut Danpos Tomerau Satgas Yonif 407/PK, Sertu Azis.

Satgas Pamtas Yonif 407/PK memiliki program unggulan keluarga asuh di tiap-tiap pos yang memiliki desa binaan. Salah satu dari kegiatan keluarga asuh adalah dengan alih pengetahuan pembuatan ikan asin kepada masyarakat yang juga berdaya guna untuk menjadi sumber penghasilan masyarakat.

“Pembuatan ikan asin ini adalah inisiatif dari anggota Pos Satgas Pamtas Yonif 407/PK sebagai program pembinaan teritorial kita, untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat. Selain itu melalui pembuatan ikan asin ini, masyarakat dapat mengoptimalkan ikan yang berasal dari desanya untuk meningkatkan pendapatan,” ujar Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Abi Kusnianto saat dikonfirmasi. (Tulisan ini dikirim oleh Padmakususma, Merauke)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...