CERITA ANDA

Sosialisasi Nilai Pancasila di Hari Kesaktian Pancasila

Tetap menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi globalisasi.
Sosialisasi Nilai Pancasila di Hari Kesaktian Pancasila
Dandim 1402/Polmas tanya jawab dengan siswa peserta sosialisasi.  (U-Report)

VIVA.co.id – Menjelang Hari Kesaktian Pancasila, Kodim 1402/Polmas menggelar sosialisasi nilai-nilai Pancasila di hadapan ribuan pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda di Gedung Gabungan Dinas (Gadis), Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat, 30 September 2016 lalu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Polewali Mandar Ir. Nasir Rahmat dan dihadiri Kadisdikpora Kab. Polman yang diwakili Kabiddikmen H. Muhiddin Mg, Ketua Komisi IV DPRD Kab Polman Fariduddin Wahid M.Si yang sekaligus memberikan materi singkat tentang perang generasi muda dalam memahami Pancasila.

Wakil Bupati Polewali Mandar, Ir Nasir Rahmat sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Polewali Mandar agar para generasi muda dapat betul-betul memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara. "Kalau konsensus ini kita amalkan, maka cita-cita kemerdekaan yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan tercapai," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra saat memaparkan materinya dan mengatakan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila untuk generasi muda seiring dengan pesatnya arus globalisasi harus ditanamkan sejak dini. Dandim melanjutkan bahwa globalisasi adalah fenomena yang batasan-batasan antar negara seakan memudar karena terjadinya berbagai perkembangan di segala aspek kehidupan. Khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan terjadinya perkembangan berbagai aspek kehidupan khususnya di bidang iptek, maka manusia dapat pergi dan berpindah ke berbagai negara dengan lebih mudah serta mendapatkan berbagai informasi yang ada dan yang terjadi di dunia. Namun, fenomena globalisasi ini tidak selalu memberi dampak positif. Berbagai perubahan yang terjadi akibat dari globalisasi sudah sangat terasa, baik itu di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi informasi.

Sebagai warga Negara Indonesia diharuskan tetap menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan globalisasi. Serta bisa mengambil hal-hal positif dari efek globalisasi dengan tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga bisa membantu pembangunan dan perkembangan negara.

Sebagai generasi muda, kita harus bisa mempertahankan bangsa yang sudah dilanda maraknya suatu perubahan yang secara mengglobal ini. Di sela sela kegiatan tersebut, Dandim juga menegaskan tentang netralitas TNI pada Pemilukada yang sebentar lagi akan digelar di Sulawesi Barat. “Kegiatan ini dilaksanakan berkaitan dengan Hari kesaktian Pancasila dan tidak ada unsur politik. Kami TNI, sangat menjungjung tinggi netralitas TNI. Siapapun nantinya yang terpilih maka itulah yang terbaik untuk kemajuan Sulawesi Barat,” tegasnya. (Tulisan ini dikirim oleh zaenal2105)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...