CERITA ANDA

Sensasi Menantang Hiu di Pulau Kambing

Penyelam tidak boleh panik saat bermain-main dengan hiu.
Sensasi Menantang Hiu di Pulau Kambing
Penulis saat berada di bawah laut perairan Pulau Kambing. (U-Report)

VIVA.co.id – Mendengar nama hiu, mungkin bagi sebagian orang berpikir itu adalah hewan buas dan sangat berbahaya bagi manusia. Namun tidak bagi pecinta wisata selam atau diving. Spot hiu atau shark point masih menjadi favorit bagi divers. Salah satunya di Pulau Kambing, Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai lokasi tujuan migrasi berbagai spesies hiu.

Beberapa jenis hiu seperti whitetip, blacktips, threser shark, whale shark dan lainnya sangat mudah kita dapatkan di bagian selatan dan utara Pulau Kambing. Mereka bermain pada kedalaman 20 hingga 30 meter. Bertemu langsung dengan hiu yang terkenal sebagai hewan pembunuh di berbagai film layar lebar, memberikan sensasi tersendiri. Anda pun harus berhati-hati saat bertemu dengan hiu. Sebab, sewaktu-waktu mereka bisa langsung menyerang apabila merasa terganggu.

Penyelam tidak boleh panik, mengeluarkan suara keras, melakukan gerakan yang mendadak, dan mengeluarkan darah. Inilah sedikit tips yang menjadi syarat mutlak saat berjumpa dengan hewan mamalia tersebut. Tantangan lain yang Anda dapatkan saat menyelam di Pulau Kambing yakni perairan dengan arus yang kuat. Arus di Pulau Kambing terkadang mendorong penyelam sampai berkilo-kilo dari pantai. Selain itu, Anda tidak akan mendapatkan dasar laut. Hanya ada dinding-dinding yang ditumbuhi berbagai jenis terumbu karang dengan warna beragam.

Selain bertemu dengan hiu, jika menyelam di Pulau Kambing Anda juga dapat menyaksikan beberapa biota laut seperti penyu, manta, serta ratusan jenis ikan berwarna-warni. Bahkan pada bulan September sampai Oktober bisa bertemu dengan ikan mola-mola yang berukuran raksasa, namun tidak berbahaya alias jinak.

Pulau Kambing terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Kota Makassar. Menuju Desa Bira tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan transportasi umum ataupun pribadi. Dari Kota Makassar, bisa naik bus dari terminal Malengkeri tujuan Makassar-Bulukumba (Bira).

Perjalanan dari Makassar menuju Bira memakan waktu kurang lebih 5-6 jam. Selanjutnya, Anda bisa mencari dive guide yang saat ini banyak tersedia di Bira. Mereka bisa menuntun Anda untuk bisa menikmati tantangan menyelam bersama dengan hiu. Perjalanan dari Bira menuju Pulau Kambing dengan menggunakan speed boat membutuhkan waktu 30 menit. (Cerita ini dikirim oleh nirwandessibali)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...