CERITA ANDA

PMII FKM UMI Makassar Adakan Sekolah Kesehatan Rakyat

Sekolah ini telah berjalan selama kurang lebih tujuh bulan.
PMII FKM UMI Makassar Adakan Sekolah Kesehatan Rakyat
Perwakilan pengurus PMII FKM UMI saat mengunjungi Pimpinan lembaga Kampus UMI Makassar. (U-Report)

VIVA.co.id – Perwakilan pengurus rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Rayon Fakultas Kesehatan (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) cabang Makassar hari Rabu (31/8) kemarin mengunjungi kantor rektorat UMI Makassar. Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dengan rektor Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Dalam kunjungan mereka, di samping silaturahmi dengan pimpinan lembaga kampus UMI, pengurus rayon PMII FKM UMI juga mempromosikan Sekolah Kesehatan Rakyat sebagai sekolah kesehatan tanpa batas yang hadir di tengah-tengah masyarakat guna memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia pada umumnya tentang pendidikan kesehatan. Yang mencangkup upaya promosi kesehatan (promotif) dan upaya pencegahan (preventif).

Di samping itu juga, PMII FKM UMI mempersiapkan tim medis kemanusiaan yang dituntut untuk dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan terkait masalah kesehatan. Menurut Ketua Umum PMII Rayon FKM UMI, Julkarnain Rajak, mengatakan bahwa awal Sekolah Kesehatan Rakyat Ini digagas karena melihat kondisi masyarakat Indonesia kurang memperhatikan masalah kesehatan. Padahal menurutnya, ketika bangsa ini ingin maju dan sejahtera bangsa Indonesia harus sehat karena kesehatan juga merupakan salah satu modal manusia (human capital) dalam pandangan Michael Armstrong.

Di sisi lain, menurutnya ini adalah bukti PMII FKM UMI Makassar membantu pemerintah untuk sama-sama mengawal cita-cita konstitusi yakni mencerdaskan kehidupan bangsa baik dari segi kesehatan, politik, dan ekonomi. Sekolah Kesehatan Rakyat ini pada mulanya merupakan ide yang digagas oleh mantan Ketua Umum PMII FKM UMI, Abdul Rasyid Tunni yang sementara melanjutkan Magister Keperawatan di Unhas.

Menurut ketua panitia, Jaya Nug Miharja, Sekolah Kesehatan Rakyat telah berjalan kurang lebih 7 bulan, dan Alhamdulillah dengan izin Allah Swt, sekolah ini sudah banyak membantu masyarakat miskin kota, khususnya Kota Makassar dalam beberapa kegiatan. Di antaranya penyuluhan kesehatan, sunatan massal, bantuan penyediaan Alquran, dan beberapa kegiatan kemanusiaan yang tidak bisa disebutkan semua.

Harapan ke depannya, PMII FKM UMI tetap eksis memberikan kontribusi positif di semua bidang terutama di bidang kemanusiaan dan bidang pendidikan untuk bangsa ini. (Tulisan dikirim oleh Andi Kamal, Jurnalis PMII Cab. Makassar)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...