CERITA ANDA

Menanam Pohon Menanam Harapan

Diharapkan kecintaan terhadap penanaman pohon bisa jadi budaya.
Menanam Pohon Menanam Harapan
Aksi e-twenty Peduli

VIVA.co.id – Bersamaan dengan acara halalbihalal dan dalam rangka memotivasi, mengenalkan, dan menularkan rasa cinta mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik kepada masyarakat,  Komunitas e-twenty, kumpulan alumni Fakultas Kehutanan IPB angkatan 20 (masuk IPB tahun 1983) mengadakan kegiatan aksi tanam pohon, silaturahmi sekaligus membagikan sembako kepada masyarakat sekitar. Kegiatan yang mengusung tema “Menanam Pohon Menanam Harapan” ini diadakan pada tanggal 20 Agustus 2016 berlokasi di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Aktivitas ini merupakan tanggung jawab moril para alumni terhadap terciptanya lingkungan hidup yang hijau, bersih, dan asri. Sehingga nyaman untuk ditempati oleh masyarakat. Komunitas yang dikomandani Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM sebagai Ketua Umum, dan Ir. Ahmad Sani Arifin, MM sebagai Sekjen ini merupakan kumpulan dari berbagai profesi seperti pegawai pemerintahan, BUMN, swasta, konsultan lingkungan, dosen, serta wiraswasta.

Rombongan bertolak dari Taman Mini Indonesia Indah menuju lokasi penanaman dengan menggunakan bus. Sebagai pencinta hutan, alam, dan lingkungan, para alumni Fakultas Kehutanan IPB angkatan 20 terpanggil untuk mewujudkan aksi penanaman pohon di lapangan dengan melibatkan masyarakat setempat. Aksi menanam bersama masyarakat ini dimaksudkan untuk menginspirasi, memotivasi, dan mengajarkan pentingnya kepedulian untuk melestarikan dan memelihara hutan dan lingkungan. Sehingga tercipta lingkungan yang sehat, nyaman dan terhindar dari bencana alam seperti banjir, kekeringan, tanah longsor dan dampak negatif lainnya dari perubahan iklim global.

Mereka sengaja memilih jenis tanaman Multi Purpose Tree Species (MPTS) yaitu tanaman serba guna. Yang tidak saja memiliki manfaat nilai ekonomi bagi masyarakat, akan tetapi juga dapat menjaga lingkungan seperti  menyerap CO2 dan bahan polusi lainnya serta pencegah banjir.  Dengan demikian, diharapkan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara berkelanjutan sekaligus lingkungan tetap terjaga kelestariannya.

Selain hal yang disampaikan di atas, pada kegiatan kali ini mereka juga ingin menularkan rasa cinta terhadap hadirnya lingkungan yang hijau, bersih, dan lestari kepada komponen masyarakat melalui kegiatan menanam bersama. Bila sudah tumbuh rasa cinta menanam pohon di lingkungan masing-masing, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan bahkan menjadi gaya hidup bagi masyarakat. Dan ini harus ditanamkan mulai dari individu,  kemudian  keluarga,  tetangga , kaum kerabat dan seterusnya sehingga diharapkan semakin lama akan melibatkan kelompok yang lebih luas, seperti efek bola salju.

Dan apabila kecintaan terhadap penanaman pohon sudah menjadi budaya dan bahkan gaya hidup pada semua komponen masyarakat, maka tak berlebihanlah bila kita merindukan bisa menghadiahkan bumi dan lingkungan yang lebih baik kepada anak cucu kita nantinya. Dimana anak cucu kita bisa beribadah, belajar, dan bermain di bumi yang hijau  dan asri. Bahkan mendapatkan hasil dan  pemandangan indah dari laut yang biru dan bersih, serta menikmati udara yang segar dari langit yang bening dan jernih.

Maka tak berlebihan bila tema yang dipilih adalah  ‘Menanam Pohon Menanam Harapan’. Yaitu harapan akan segera terwujudkannya semua kerinduan di atas, seperti yang dikatakan oleh Ir. Mintarjo, MSc, selaku Ketua Pelaksana Aksi e-twenty Peduli ini yang profesinya adalah pejabat eselon II di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (Tulisan ini dikirim oleh Indarti Bachtiar)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...