CERITA ANDA

Modus Kerja 'Sambang Jalan' Kapolres Jepara

Kegiatan ini bisa menempuh belasan bahkan puluhan kilometer.
Modus Kerja 'Sambang Jalan' Kapolres Jepara
Kapolres Jepara, AKBP Samsu Arifin dengan sepedanya singgah di SMPN 2 Jepara.

VIVA.co.id – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Samsu Arifin, Sarjana Ilmu Kepolisian (SIK) Magister Hukum (MH), baru beberapa bulan dipercaya mengemban tugas sebagai Kepala Polres Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Namun, gebrakan operasional kerjanya, terutama di lapangan, patut diacungi jempol. Diciptakannya modus anyar dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya.

Melalui modus 'Sambang Jalan', setiap saat berpatroli sendiri memakai sepeda. Merambah seluruh sudut-sudut Kota Jepara. Kegiatan sambang jalan, berpatroli naik kereta angin, dilakukan AKBP Samsu Arifin minimal dalam sepekan hari kerja, dua atau tiga kali. Dimulai di pagi hari, dari Kantor Polres Jepara, sekitar pukul 06.00.

Sambil mengayuh sepedanya, disusurinya jalan-jalan dalam Kota Jepara terutama di titik-titik rawan kecelakaan. Juga jalan-jalan yang menjadi pusat konsentrasi anak-anak masuk sekolah. Dikontrolnya para anak buahnya, anggota Polres Jepara yang saat itu bertugas di lapangan.  Tidak jarang Samsu Arifin turun dan menyandarkan sepedanya di tepi jalan. Kemudian memberi petunjuk seperlunya pada anggota Polri bawahannya yang sedang bertugas di titik tersebut.

Bahkan tak sungkan ia ikut turun langsung, mengatur keruwetan arus lalu lintas. Acapkali harus menggandeng sejumlah siswa sekolah yang kesulitan menyeberang jalan karena padatnya kendaraan yang melintas. “Pekerjaan lapangan menyenangkan. Disamping mengontrol staf bawahan yang sedang tugas di lapangan. Juga memberi pertolongan pada masyarakat,” ujar Samsu Arifin.

Kegiatan sambang jalan yang dilakukan Kapolres Jepara, menempuh belasan bahkan puluhan kilometer. Tentu harus mengerahkan tenaga dan memeras keringat. “Tak apa-apa. Kelelahan ditebus kepuasan, mengontrol para staf di lapangan. Kesegaran jasmani dan otomatis rohani juga didapatkan,' tutur Perwira Menengah (Pamen) Polri ini. Di sisi lain, para anggota Polres Jepara yang tugas di lapangan tak berani bekerja seenak sendiri. Jika diketahui Kapolres yang sedang melakukan sambang jalan, tentunya akan mendapat teguran.

Kegiatan lapangan Kapolres Jepara itu tak sebatas di bidang perlalu lintasan. Diam-diam tanpa rencana sebelumnya, AKBP Samsu Arifin mengunjungi beberapa sekolah. Menemui para guru dan murid. Bertanya-tanya, adakah suatu persoalan di sekolah tersebut yang perlu dibantunya? Kapolres sering memberi petuah singkat, pentingnya ketertiban para siswa saat berangkat/pulang dan waktu berada di lingkungan sekolah. Selain para murid diminta patuh berlalu lintas, menghindari narkoba, tawuran, dan kegiatan negatif lain.

Sambang jalan Kapolres, juga menyasar di kompleks pasar tradisional. Dilihatnya deretan kendaraan roda empat yang parkir. Jika ada yang dirasa 'mengganjal', berpotensi menimbulkan kemacetan, langsung diaturnya. Mencari pengemudi kendaraan, diminta memarkir kendaraan dengan benar.

Sesekali Kapolres tampak membimbing ibu-ibu yang ketakutan saat akan menyeberang jalan, keluar masuk di pasar itu. Sungguh tindakan mulia. Jika semua Kapolres bertindak seperti AKBP Samsu Arifin, tentu kamtibmas akan lebih terjaga. (Dikirim oleh Heru Christiyono Amari, Pati, Jawa Tengah)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...