CERITA ANDA

Program Pengobatan Gratis dari Kelompok KKN 151 UMM

Ada cek tensi darah, konsultasi dokter, dan obat gratis.
Program Pengobatan Gratis dari Kelompok KKN 151 UMM
Pengobatan gratis oleh KKN 151 UMM

VIVA.co.id – Anggapan bahwa kesehatan itu mahal sudah menjadi sebuah rahasia umum. Bagi orang yang berkecukupan, mendapat fasilitas pengobatan bahkan sampai berobat keluar negeri pun sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana dengan orang yang kondisi ekonominya terbilang rendah dan bahkan tinggal di desa yang jauh dari pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan klinik? Tentu kesehatan merupakan sebuah hal mewah yang harus mereka penuhi demi keberlangsungan hidup.

Hal itulah yang dilihat oleh kelompok KKN 151 UMM yang berlokasi di Dusun Borogragal, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Malang. Melihat kondisi masyarakat yang kebanyakan merupakan petani dengan pendapatan ekonomi rendah, memicu Divisi Kesehatan dan Lingkungan dari kelompok KKN 151 mengadakan program Pengobatan Gratis.

Kegiatan yang diperuntukkan bagi warga Dusun Borogragal itu diadakan di rumah Bapak Yatmanu, selaku Ketua RW 12. Penangggung Jawab dalam kegiatan tersebut, Arina Nuril menyatakan, tujuan diadakannya pengobatan gratis adalah untuk memberikan pengobatan sekaligus mengecek kondisi kesehatan warga desa. Menurutnya, kegiatan yang diadakan sebagai bentuk program kerja Divisi Kesehatan dan Lingkungan itu bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran UMM dan  menyediakan 100 kupon bagi warga desa.

Lebih lanjut, terdapat beberapa rangkaian dalam kegiatan itu. Di antaranya cek tensi darah, konsultasi kesehatan dengan dokter, dan pemberian obat secara gratis bagi warga desa. “Harapannya, kegiatan itu dapat meringankan beban warga desa yang selama ini jarang tersentuh pengobatan modern,” jelas Arina Nuril mahasiswi program studi Pendidikan Dokter UMM itu. (Tulisan ini dikirim oleh Arina Nuril  mahasiswa KKN 151 UMM)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...