Selasa Jadi Hari Membaca di Desa Jombok

Para siswa MI Miftahul Huda membaca di Perpustakaan Mini.
Sumber :

VIVA.co.id – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 21 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meresmikan Perpustakaan Kecil (Mini Library) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, Selasa (9/8) siang. Tepatnya di Dusun Kasin, Desa Jombok, Ngantang, Kabupaten Malang.

Pergilah Dinda Cintaku

Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Desa Jombok, jajaran pengajar sekolah dan para anggota kelompok KKN 21. Djoko Walujo, Kepala Desa Jombok mengaku sangat senang dan bangga dengan kegiatan yang diadakan oleh KKN 21. “Pendidikan itu nomor 1. Saya yakin semua kegiatan kelompok KKN 21 bertujuan untuk memajukan pendidikan di daerah pelosok seperti ini,” ujarnya saat memberi sambutan.

Djoko juga memaparkan bahwa setiap Selasa, akan menjadi Hari Membaca atau Reading Day di MI Miftahul Huda. “Saya yakin dengan membaca buku 1-2 jam akan bisa menambah wawasan menjadi sangat luas.” Sekolah yang berdiri di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif (NU) ini hanya mempunyai 50 murid dengan 6 ruang kelas, 2 kamar mandi, 1 musala dan 1 ruang guru yang bergabung dengan Mini Library. “Meskipun kecil dan terbatas, namun ini sangat membantu sekali dalam proses pembelajaran,” ungkap Jumain, selaku Wakil Kepala MI Miftahul Huda.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

“Letak geografis sekolah ini sangat di pelosok dan masuk ke dalam, muridnya juga sebatas desa ini saja. Harap maklum jika minat membaca orang di sini masih kurang,” imbuhnya. Namun, Jumain tetap optimistis bahwa minat membaca tidak hanya dimiliki oleh murid, tetapi juga guru dan karyawan sekolah.

Menurut Hedy Novian, selaku Ketua Pelaksana Acara, mengungkapkan perasaan bangga dan haru ketika memberikan sambutan. “Saya mewakili teman-teman dari KKN 21 mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu kegiatan ini,” ujar mahasiswa jurusan Psikologi ini. (Tulisan ini dikirim oleh Aldike Wandari, Humas KKN 21 UMM)

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora
Anak sekolah di Pulau Sumba NTT

Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Pedalaman di Sumba

Ada puluhan buku bacaan di sejumlah rak dari para donatur.

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2018