CERITA ANDA

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Hal ini digagas oleh Kelompok KKN 151 UMM di Dusun Borogragal.
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong
Proses pembuatan keripik rasa paru dari daun singkong. (u report)
VIVA.co.id - Anda penggemar keripik paru? Tapi merasa harganya terlalu mahal? Apalagi ketika harga daging sapi naik. Tenang, kini Anda tidak perlu mencemaskan harga paru atau daging sapi yang terus saja naik seiring dengan naiknya harga barang dari tahun ke tahun. Hal itu justru menjadikan sebuah peluang menjanjikan untuk memunculkan sebuah makanan unik. Salah satunya adalah membuat keripik rasa paru dari daun singkong.

Di Malang, tepatnya di Dusun Borogragal, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang terdapat pengolahan daun singkong yang dapat dijadikan keripik dengan cita rasa paru. Hal ini digagas oleh Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 151 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang menjalankan KKN di sana. Kegiatan penyuluhan merupakan salah satu Program Kerja (Proker) dari Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan KKN 151 UMM.

Berawal dari melimpahnya tanaman daun singkong di Dusun Borogragal, memicu Sulaiman Hidayat selaku Ketua Pelaksana untuk memanfaatkan pembuatan keripik singkong rasa paru. Daun singkong merupakan salah satu tanaman yang selama ini hanya dimanfaatkan sebagai sayur atau pakan ternak, dengan nilai ekonomis yang sangat rendah. Hal itu tentunya sangat disayangkan.

Melihat hal tersebut, teman-teman dari Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan KKN 151 kemudian mengajak ibu-ibu kelompok PKK di Dusun Borogragal untuk diberikan penyuluhan tentang pengolahan daun singkong menjadi keripik rasa paru. Tujuannya tentu untuk meningkatkan nilai ekonomis dari daun singkong itu sendiri yang diharapkan kemudian bisa menjadi sumber penghasilan bagi ibu-ibu PKK di Dusun Borogragal.

Beberapa hal unik yang menjadi daya tarik dari kelezatan daun singkong rasa paru adalah cara penyajiannya yang istimewa. Pengolahannya yang terbilang cukup sederhana, serta pemilihan bahan-bahannya yang sehat dan sederhana. Selain itu, rasanya yang khas juga menjadi daya tarik utama yang cukup untuk menggoyang lidah para penikmatnya.

Ketua PKK, Sriani mengatakan bahwa konsep yang ditawarkan keripik singkong rasa paru sangat menarik. Selain itu, ia menambahkan, "Rasanya enak seperti paru, cara pembuatannya juga mudah dan sederhana," ujarnya. (Tulisan ini dikirim oleh Mahasiswa KKN 151 UMM

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...