Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Film Baracas, Maxima Pictures Gandeng Pidi Baiq
Sumber :
  • Maxima Pictures

VIVA.co.id - Nama Pidi Baiq di kancah perbukuan Indonesia bukan lagi sesuatu yang baru. Novel Dilan yang ditulisnya masuk jajaran buku laris selama hampir dua tahun terakhir ini. Penjualan novel yang sudah terbit dua seri itu bahkan sudah terjual ratusan ribu copy.

Janji Penulis Novel Dilan 1990 untuk Anak Thalasemia di Aceh

Penggemar Pidi Baiq, tak terima novel Dilan berhenti di buku kedua. Pria yang biasa dipanggil penggemarnya dengan nama Surayah, akhirnya menuliskan seri Dilan ketiga dengan Judul Milea, Suara dari Dilan. "Novel ini aku kerjakan agak lama karena aku tidak ingin mengecewakan pembaca Dilan," ujar Pidi yang hampir setiap hari kerja bolak-balik ke ruangan kerja saya sebagai editor bukunya.

Saya sendiri merasakan hal yang unik dalam pengerjaan buku ini. Biasanya penulis akan mengirim naskah komplet ke meja editor. Pidi punya cara lain. Dia mengirim setiap halaman yang diketik setiap hari. Kadang jumlah halamannya tak tentu. Maklum, pria ini memang sibuk dengan bisnis kafenya dan band The Panas Dalam. Pidi juga mengerjakan ilustrasi buku dan ilustrasi isi novelnya. Jangan heran karena dulunya, penulis serial Drunken Monster ini adalah seorang ilustrator buku.

#TolakDilanTurunLayar, Pidi Baiq Berterima Kasih

Saking ingin bukunya sempurna, terkadang halaman-halaman yang sudah diseting dan diedit pun rela dihapusnya sehingga saya sebagai editor kadang ketar-ketir juga menghadapi tenggat waktu terbit. Novel terbarunya berbeda keunikan dengan dua judul sebelumnya. Jika buku pertama bercerita tentang pertemuan Dilan dan Milea, buku kedua tentang putusnya Dilan dan Milea, buku ketiga berisi tentang hubungan Dilan dan Milea dari sudut pandang Dilan, dan tentu saja kehadiran perempuan baru di kehidupan Dilan.

Saat ini, para penggemar novel Dilan sudah tak sabar menunggu kehadiran novel baru tersebut. Bisa dilihat dari kicauan @pidibaiq yang menanggapi ketidaksabaran para penggemarnya. Semua penggemar tambah penasaran karena Pidi mulai menayangkan ilustrasi-ilustrasi karyanya di Twitter.

Soal Dilan, Pidi Baiq: Ada 50 Orang yang Disodorkan

"Novel Melia akan terbit September 2016, tapi pemesanan sekarang sudah berdatangan," ucap Pidi pada detik-detik terakhir naskahnya meluncur ke percetakan. Acara peluncuran bukunya sendiri akan dilangsungkan pertengahan Sepetember 2016 nanti di Bandung. (Tulisan ini dikirim oleh bennyrhamdani)

Para pemain film Koboy Kampus.

Cerita Seru Bisma dan Jason Main di Film yang Sama

Keduanya terlibat dalam film Koboy Kampus.

img_title
VIVA.co.id
19 Juli 2019