CERITA ANDA

Belajar Mengulik Kuliner dari Pak Bondan

Semakin sering mencicipi kuliner, maka lidah akan semakin peka.
Belajar Mengulik Kuliner dari Pak Bondan
Senangnya bisa bertemu pakar kuliner Indonesia, Bondan Winarno. (U-Report)

VIVA.co.id - Sebagai blogger saya merasa beruntung bisa bertemu seorang pengamat kuliner Indonesia yang pernah sukses dengan tayangan di televisi, yakni Bonda Winarno. Jangan heran jika saya kemudian banyak menimba ilmu dari Pak Bondan. Menurut Bondan Winarno, hal yang paling harus diketahui oleh seorang food blogger yang hendak mereview adalah menilai dulu dari rasanya. "Karena rasa itu yang menentukan apakah makanan itu dibuat dari bahan-bahan yang tepat dan takaran yang sesuai atau nggak," jelas pria yang beken dengan jargon 'Mak Nyus' ini.

Selain itu, Pak Bondan menyebutkan rasa juga dipengaruhi cara memasak atau mengolahnya. "Kadang ada bumbu dan bahan yang tepat, tapi cara masaknya keliru. Misalnya suhu panas minyak untuk menggorengnya kurang atau terlau lama mengukus," ucap Bondan. Untuk mengenal rasa yang enak atau tidak, Pak Bondan menyarankan agar food blogger mengenal lebih dulu berbagai jenis kuliner. "Istilahnya jam terbang. Karena semakin sering mencicipi kuliner akan semakin peka lidah terhadap rasa," ungkapnya.

Selain rasa, Pak Bondan menyarankan agar food blogger juga memerhatikan penyajiannya. "Walaupun tidak selalu yang tampilannya bagus maka rasanya akan enak. Tapi biasanya cara penyajian dapat mengggugah selera orang untuk mencicipi," kata mantan jurnalis ini. Pak Bondan juga memberikan tips kesehatan agar para food blogger tetap sehat seperti dirinya.

"Pertama, jika di rumah saya hanya makan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Kedua, saya juga selalu berolahraga. Tapi jika di luar rumah saya tidak pernah jaga image. Apapun kuliner yang disajikan saya makan. Hanya porsinya saja yang saya batasi," ungkap pria yang kini menetap di Bali ini. Benar-benar beruntung saya mendapat tips seperti ini. Selain tips mereview kuliner juga tips menjaga kesehatan sebagai blogger yang rajin mereview makanan. (Tulisan ini dikirim oleh bennyrhamdani)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...