Pengembangan KRPL dengan Sistem Hidroponik

KKN mahasiswa UMM
Sumber :
  • u report
VIVA.co.id
Cara Menanam Buah Naga Secara Hidroponik
- Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan sistem hidroponik merupakan salah satu  program kerja dari KKN kelompok 129 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dilaksanakan di Dusun Krajan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Program kerja ini diadakan pada tanggal 5 Agustus 2016, pukul 09.00 WIB, dan diikuti oleh Kepala Dusun Krajan, Sekretaris Desa Ngadirejo, mahasiswa KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang, dan masyarakat setempat.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Peralatan yang dipakai yaitu paralon besar dan kecil, pompa aquarium, gelas plastik, bibit tanaman sayur, pakis, dan jeriken. Program kerja ini diadakan karena masyarakat Desa Ngadirejo mempunyai rutinitas padat sebagai petani dari pagi hingga sore hari. Oleh karena itu, kelompok KKN 129 UMM menggunakan sistem hidroponik ini agar masyarakat dapat mengefisiensi waktu dan tenaga.
Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq


Koordinator Desa, Andre menambahkan, KRPL merupakan suatu langkah nyata yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan swasembada pangan. Penggunaan sistem hidroponik dipilih karena tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga juga dapat diterapkan oleh masyarakat kota. Kami sebagai mahasiswa berharap dengan diadakan KRPL dengan sistem hidroponik ini dapat menjadi langkah tegap untuk menciptakan Indonesia yang mandiri.


Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan secara ekonomis dan ramah lingkungan.  Selain itu, keuntungan dari sistem hidroponik adalah pemakaian pupuk lebih efisien, tanaman akan lebih mudah diganti, tanaman yang dihasilkan akan lebih bersih, dan tanaman dapat tumbuh dan berproduksi lebih terjamin.
(Tulisan ini dikirim oleh Putri Akbar)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya