CERITA ANDA

Selamat Hari Anak Nasional untuk Anak Indonesia

Banyaknya anak yang putus sekolah jadi hal yang memprihatinkan.
Selamat Hari Anak Nasional untuk Anak Indonesia
ilustrasi. (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Selamat Hari Anak nasional! Selamat mencetak generasi muda yang baik di masa depan dan semoga para anak Indonesia dapat menjadi harapan bangsa. Hari Anak Nasional merupakan hari untuk mengingatkan para komponen bangsa untuk mengembangkan para anak agar dapat menjadi generasi handal, karena bangsa akan lebih maju jika generasi penggantinya lebih baik dari yang diganti.

Dengan memberikan pendidikan dan pengajaran yang tepat, baik dari lingkungan keluarga, sosial, dan lingkungan sekolah diharapkan anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang lebih baik di masa yang akan datang dan menjadi harapan bangsa ini. Namun, sampai saat ini hal itu hanya menjadi wacana yang tak sempat diselenggarakan. Banyaknya hal yang perlu diperbaiki, dari mulai tentang penelantaran anak, kekurangan gizi, kekerasan, dan lain sebagainya.

Kasus yang tak pernah surut di Indonesia yaitu tentang banyaknya anak yang putus sekolah. Jumlah angka anak-anak yang putus sekolah merupakan hal yang sangat memprihatinkan. Namun, keadaannya masih tetap saja berlangsung dan berlarut hingga saat ini. Lebih dari 2 juta anak Indonesia tidak dapat merasakan kenikmatan akan bangku sekolah.

Hal yang kembali membuat kaget adalah pada pertengahan bulan Juli lalu yang datang dari dunia kesehatan di tanah air, khususnya bagi para anak-anak. Yaitu tentang beredarnya vaksin palsu. Terkuaknya kabar tentang vaksin palsu membuat para ibu sangat khawatir. Temuan yang dilaporkan oleh warga ini kabarnya berefek anak dapat menjadi rentan terhadap penyakit.

Ditambah lagi dengan banyaknya kasus pencabulan terhadap anak di Indonesia yang semakin merajalela. Kasus pencabulan anak kini di Indonesia seakan menjadi agenda besar yang harus segera ditindaklanjuti.

Peringatan Hari Anak di Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli. Namun, siapakah yang hendak memperbaiki kondisi anak di Indonesia, sehingga Hari Anak dapat menjadi hari yang patut diperhitungkan? Betapa indahnya jika peringatan Hari Anak diperingati dengan bingkisan indah tentunya dengan kesejahteraan yang sesungguhnya untuk anak-anak, sehingga mereka dapat menikmati masa kanak-kanak yang sesungguhnya. Dan seharusnya anak juga bisa menyampaikan aspirasi layaknya orang dewasa dengan cara mereka sendiri tentunya.

Kita sebagai orang dewasa harus dapat memahami apa yang disampaikan anak. Semoga Hari Anak selanjutnya dapat diperingati sebagai momen pembaharuan tentang segala problematika yang berkaitan dengan anak-anak Indonesia. (Tulisan ini dikirim oleh Lutfiyah, Sumenep)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...