CERITA ANDA

Batu Ukir Kapur, Tempat Wisata Asyik di Madura

Di sini kita tidak dipungut biaya untuk tiket masuk.
Batu Ukir Kapur, Tempat Wisata Asyik di Madura
Wisata Batu Ukir Kapur, Madura.

VIVA.co.id – Kini Madura kembali dicengangkan dengan adanya tempat wisata baru, khususnya di Kabupaten Sumenep, Kecamatan Batuputih.  Tempat wisata itu adalah Bukit Kapur Batu Putih. Bukit Kapur ini juga menjanjikan pemandangan yang tak kalah eksotis. Walaupun tempat saya di Kecamatan Batang-Batang bersebelahan dengan kecamatan Batu Putih, namun ini kali pertama saya merasakan tempat yang berpanorama indah ini.

Jalan yang saya lalui menuju tempat Batu Kapur ini bukan jalan yang mulus seperti di jalan-jalan kota. Untuk dapat menikmati tempat ini, saya harus berjuang dulu karena jalan aspalnya yang rusak dan belum mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Ketakjuban saya mulai muncul sebab ternyata tak hanya tempat wisata Batu Kapur yang ada di daerah Badur ini yang perlu diapresiasi. Namun, juga ada Pantai Badur yang keberadaannya sudah mulai diketahui oleh banyak pihak.

Sekilas tentang Pantai Badur. Pantai ini juga masih memiliki pemandangan alami yang lebih menakjubkan. Di sana terdapat air sungai yang mengalir ke laut. Dan juga terdapat beberapa goa di samping pantai itu sendiri.

Sesampainya di tempat tujuan, kita tidak dipungut biaya untuk tiket masuk seperti di tempat-tempat wisata lain. Namun, hanya karcis kendaraan yang nominalnya pun tak seberapa. Yang menambah indah panorama Batu Kapur ini yaitu adanya batu yang berdiri tegak di tengah-tengah galian. Tinggi batu tersebut kurang lebih sekitar 10 meter dan berdiameter kurang lebih 5 meter. Entah batu yang berada di tengah galian itu memang sengaja dibuat untuk menambah daya tarik atau ada dengan ketidaksengajaan.

Batu yang berwarna putih ini juga menambah sensasi tersendiri bagi galian batu itu. Tetapi, menurut masyarakat setempat keberadaan tempat ini awalnya tidak disengaja. Sebab, para penduduk memang mayoritas berpenghasilan dari menggali kapur putih. Namun, ketidaksengajaan tersebut akhirnya menjadi tempat yang banyak diminati para traveler, karena bekas pahatan atau tambang ini rupanya menjadi tempat yang tak diduga menghasilkan sebuah karya seni batu yang indah dan eksotik.

Tempat Batu Kapur ini juga menjadi ajang bergengsi untuk ber-selfie baik bagi para pelancong lokal maupun mancanegara. Sudah menjadi kebiasaan bagi para pelancong, jika ke Batu Kapur maka tak sah rasanya bila tak merasakan kealamian Pantai Badur. Begitu pula dengan saya. Karena jarak yang lumayan berdekatan, membuat daerah Badur akhir-akhir ini menjadi tempat wisata favorit saya untuk sekadar bisa menikmati keindahan alam. (Tulisan ini dikirim oleh Lutfiyah, Sumenep)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...