CERITA ANDA

Posko Lebaran Kodim Pati Manjakan Para Pemudik

Semua fasilitas di posko tidak ditarik biaya sepeser pun.
Posko Lebaran Kodim Pati Manjakan Para Pemudik
Posko Lebaran didirikan TNI dari Kodim Pati untuk para pemudik. (HCA) (U-Report)

VIVA.co.id – Menjabarkan instruksi Panglima Kodam IV/Diponegoro (Jawa Tengah/Daerah Istimewa Yogyakarta), jajaran Kodim 0718/Pati bersama koramil-koramil bawahannya mendirikan posko-posko mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. “Berikan pelayanan terbaik bagi saudara-saudara kita yang melaksanakan ritual mudik di hari Lebaran tahun ini!” perintah Pangdam lewat Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro dan itu dilaksanakan Kodim 0718/Pati.

Sebagian markas koramil (Makoramil) yang berada di bawah Kodim Pati, kebetulan berlokasi di Jalan Raya Pantai Utara (Pantura). Menghubungkan jalur Pati-Tuban-Surabaya atau Pati-Semarang-Jakarta. Beberapa posko Lebaran didirikan di lokasi-lokasi tersebut. Bangunan posko seluruhnya dari peralatan militer TNI-AD. Seperti tenda peristirahatan, tempat tidur, dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia bagi para pemudik di Posko Lebaran Kodim Pati selain tempat istirahat nyaman-aman, plus MCK dengan ketersediaan air dan kebersihan yang bagus. Juga berjaga regu TNI-AD sebagai petugas piket 24 jam non-setop. Mereka terdiri tim medis, tenaga boga, petugas keamanan, bahkan tersedia tukang pijit-urut, dan lain-lain.

Peralatan komunikasi (termasuk militer) ikut disiagakan. Pendek kata, para pemudik baik dari Surabaya atau dari Jakarta atau dari arah manapun juga jika kedapatan lelah dan letih saat mudik dipersilakan beristirahat di posko-posko yang didirikan Kodim 0718/Pati di makoramil-makoramil setempat. Jika saat itu bersamaan dengan waktu buka atau sahur, tanpa diminta, para petugas posko akan membagikan takjil atau makanan dan minuman yang dibutuhkan pemudik.

Bagi pemudik yang merasa kesehatannya menurun atau terganggu ketika berada di posko ini, maka akan mendapat pelayanan medis berupa cek/kontrol bila perlu pengobatan, hingga kesehatannya terpulihkan. Tidak hanya itu, pada para pemudik yang merasa badannya pegal-pegal akan diberikan terapi pemijatan atau urut badan sampai letih-letihnya hilang.

Semua fasilitas dan pelayanan yang diberikan Posko Lebaran Kodim 0718/Pati tesebut sama sekali tidak ditarik biaya sepeserpun. Seluruhnya gratis. Itu semua kami berikan sama sekali tanpa pamrih, semata-mata sebagai bentuk nyata pengabdian TNI pada masyarakat. Demikian Komandan Kodim 0718/Pati, Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma menegaskan. (Tulisan ini dikirim oleh Heru Christiyono Amari, Pati, Jawa Tengah)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...