PMII FKM UMI Gelar Khitan bagi Warga Miskin Kota Makassar

Tim medis PMII FKM UMI bersama salah satu peserta khitan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) rayon Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia meluncurkan tim medisnya yang beranggotakan kader-kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang mempunyai disiplin ilmu di bidang kesehatan. Diawal peluncuran, tim ini langsung turun di masyarakat untuk mengadakan Khitan bagi keluarga miskin di kota Makassar.

Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris UMI

"Awalnya kami berpikir kenapa kami tidak mempunyai tim medis guna menyikapi persoalan kemanusiaan. Tentunya dengan tidak melanggar etika profesi dan juga aturan-aturan yang berkaitan dalam praktik kesehatan. Peluncuran tim ini langsung ke lapangan dan ini bukti awalnya dengan mengadakan khitan bagi keluarga miskin di kota Makassar," tutur Julkarnain Razaq, Ketua PMII FKM UMI.

PMII Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia di dalamnya terdapat jurusan kebidanan, keperawatan, dan kesehatan masyarakat, sehingga secara sumber daya manusia kami mempunyai alumni-alumni bahkan kader aktif yang sampai saat ini sedang menjajaki program pasca sarjana di berbagai universitas di kota Makassar. Mereka turun gunung guna turut aktif dalam tim medis PMII FKM UMI.

Wahai Orang yang Tidak Berpuasa, Hormatilah Bulan Ramadan

Razaq menambahkan, jika tim ini juga diberdayagunakan untuk menyikapi persoalan preventif atau pencegahan penyakit dengan memasifkan lagi Sekolah Kesehatan Rakyat yang saat ini gencar-gencarnya diadakan oleh PMII FKM UMI. (Tulisan ini dikirim oleh Tunny)

Tradisi Khitan Wanita dari Berbagai Suku di Indonesia

Mereka masih menganggap khitan pada wanita adalah tradisi yang baik.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2016