CERITA ANDA

Menikmati Pesona Keindahan Pulau Tikus Bengkulu

Kita akan disuguhkan pemandangan hamparan Samudra Hindia.
Menikmati Pesona Keindahan Pulau Tikus Bengkulu
Foto bersama di Pulau Tikus, Bengkulu. (U-Report)

VIVA.co.id – Dalam sebuah hari libur saya berkesempatan untuk mengunjungi sebuah pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari Kota Bengkulu. Pulau itu adalah Pulau Tikus. Jaraknya yang tidak jauh dari Kota Bengkulu membuat pulau itu terlihat mungil apabila kita sedang berjalan atau sedang mengunjungi kawasan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Perjalanan untuk menuju ke Pulau Tikus bisa menggunakan perahu nelayan yang memang disediakan bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Bagi kita yang belum pernah ke sana, tidak perlu merasa bingung untuk mencari perahu untuk kita sewa. Karena kita dapat dengan mudah mencarinya dengan mengunjungi lokasi pantai-pantai yang berada di Kota Bengkulu, seperti Pantai Jakat, Pantai Panjang, dan Pantai Tapak Paderi.

Jarak tempuh untuk menuju ke pulau tersebut hanya memakan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan menggunakan perahu nelayan, atau sekitar 10 km dari Kota Bengkulu. Di pantai-pantai tersebut, kita dapat datang langsung ke pemilik perahu nelayan untuk mengantarkan kita ke Pulau Tikus. Kita hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp150.000 sampai dengan Rp 250.000 untuk satu orang.

Biaya tersebut sudah satu paket dengan kebutuhan travelling kita. Seperti di dalamnya kita dapat makan siang, snack, peralatan snorkeling, foto under water, dan kita juga akan dibawa mengelilingi pulau tersebut. Bagi kita yang hobi mancing, di sana memang ada spot khusus untuk memancing. Lokasinya yaitu di sekitar tambak ikan milik nelayan.

Bagi kita yang akan berkunjung ke sana, akan lebih seru apabila kita pergi beramai-ramai dengan teman-teman atau keluarga. Karena selain seru, kita juga dapat menghemat biaya. Biasanya kalau kita pergi beramai-ramai, kita akan mendapatkan diskon. Dalam satu perahu mampu mengangkut 20-30 orang, tergantung ukuran dan kapasitas perahu yang kita sewa. Kita bisa berangkat mulai dari jam 08.00 WIB dari pantai tempat kita menyewa perahu tersebut.

Selama perjalanan sampai kita berada di Pulau Tikus, kita akan dipandu oleh travel guide agar kita bisa aman dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita harapkan. Ketika kita sudah di Pulau Tikus, kita akan disuguhkan pemadangan hamparan Samudra Hindia yang indah, air yang jernih dan biru ombak yang menggulung tinggi. Tak ketinggalan, terumbu karangnya yang indah memesona.

Pulau ini memang kecil sekali, karena luasnya kurang lebih hanya sekitar 2 ha. Di pulau tersebut hanya ada satu bangunan permanen berupa mess untuk penjaga mercusuar, dan satu buah menara mercusuar yang menjulang tinggi sekitar 50 meter ke atas. Untuk aktivitas selama kita di Pulau Tikus, jangan lupa untuk memakai alas kaki karena karangnya lumayan tajam.

Untuk aktivitas yang pertama, kita bisa snorkeling terlebih dahulu. kemudian memasuki siang hari kita bisa lanjutkan dengan istirahat dan makan siang. Setelah itu, kita bisa melanjutkan dengan aktivitas yang lain sesuai keinginan kita. Misalnya memancing, foto-foto, berkeliling mengelilingi pulau, dan semua itu bebas tergantung keinginan kita. Tapi semua aktivitas tersebut harus dalam pengawasan guide travelling ya.

Kalau teman-teman ingin berfoto, memang ada spot bagus untuk berfoto tetapi resikonya terlalu besar, yaitu dengan memanjat menara mercusuar. Dari atas menara tersebut kita bisa melihat hamparan Samudra Hindia yang luas dengan airnya yang biru jernih dihiasi dengan gulungan ombak yang besar. Untuk memanjat menara tersebut memang tidak gratis, kita akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk sekali panjat.

Memasuki sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, kita bisa pergi memancing di lokasi tambak. Jarak antara lokasi tambak dengan pulau tersebut memang dekat tetapi tidak bisa kita jangkau dengan jalan kaki. Melainkan kita harus menggunakan perahu, karena jaraknya kurang lebih 1 km dari pulau tersebut.

Di area lokasi tambak ini kita bisa memancing sepuasnya, tetapi jangan memancing di tambak Ikannya ya. Kita memancing hanya di sekitar tambak tersebut. Ikan disini juga bermacam-macam, sayangnya saya tidak bisa sebutkan nama dan jenis ikannya karena saya sendiri kurang paham dengan nama dan jenis ikan.

Inilah sekilas cerita tentang Pulau Tikus. Bagi teman-teman yang berada di luar Kota Bengkulu atau yang belum pernah mengunjungi Pulau Tikus, sempatkan untuk mengunjungi pulau ini ya! Dijamin tidak bakal menyesal deh. (Cerita ini dikirim oleh Khafidin, Bengkulu)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...