CERITA ANDA

Untukmu yang Ingin Memiliki Masa Depan Cerah

Generasi muda Indonesia bisa menjadi generasi yang membanggakan
Untukmu yang Ingin Memiliki Masa Depan Cerah
Masa depan cerah bukan lagi mimpi selama mau berusaha meraihnya. (U-Report)

VIVA.co.id – Masa depan sungguh ada dan harapanmu tak akan hilang, begitulah yang sering ibuku beritahukan kepadaku. Ini dilakukan dengan maksud agar aku tidak mudah menyerah, tidak mudah putus asa, dan terus sekuat tenaga meraih mimpi. Dan kini saat aku beranjak dewasa dan menjadi manusia yang mengerti pahit getir dan sekaligus merasakan indahnya dunia, aku sangat ingin membuat generasi muda Indonesia menjadi generasi yang sukses, berhasil, beruntung dan tidak salah langkah.

Aku ingin generasi muda Indonesia dapat berdiri di atas kaki sendiri kelak saat mereka dewasa. Mereka melalui masa kecil, remaja, bahkan dewasanya dengan pencapaian terbaik dan tidak ada yang mereka sesali dari semua waktu yang telah berlalu. Tentu itu semua perlu perjuangan dan yang dapat aku berikan sebagai nasihat adalah:

1. Selalu tanamkan sikap positif dan optimis.

Milikilah pandangan yang selalu positif. Tentu ini agar tidak mudah terkontaminasi dengan pikiran buruk yang membuat semangat patah, dan cenderung merusak. Hadapi segala sesuatu dengan percaya diri dan yakinlah pada kemampuanmu. Jangan biarkan kamu mudah terombang ambing dengan pendapat orang lain yang belum tentu kebenarannya. Yakinlah pada dirimu sendiri, bahwa kamu bisa melakukan semua. Kamu adalah pribadi istimewa dan unik hasil karya Tuhan yang luar biasa.

2. Jangan jadi budak teknologi.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat ini jangan lantas membuatmu menjadi budak kecanggihannya. Memang pelajarilah semua hal, terutama yang sesuai bakat dan minatmu. Kuasailah kemajuan teknologi untuk kebaikanmu dan menghantarkan suksesmu. Jangan terbelenggu dan menjadi kecanduan teknologi tanpa arah dan tujuan. Hanya jadi pengguna rutin yang tidak bermanfaat. Keterikatanmu pada gadget hanya akan membuang waktumu dan membunuh kreativitasmu. Letakkanlah semua kecanduanmu dan melangkahlah, lihatlah bakat terpendam dan kreativitasmu yang luar biasa itu. Bakat yang masih terpendam dan belum digali, galilah! Pancarkan dan beritahukan pada dunia “Inilah aku, mampu berkarya dan membanggakan negeri ini”.

3. Ingatlah selalu bahwa pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik.

Kalian jangan sampai salah gaul, salah memilih teman dan terjun ke lingkungan yang salah. Sayang sekali jika hal itu sampai terjadi. Karena pergaulanlah kalian bisa mendapat ilmu dan pengetahuan. Jika pada awalnya kalian sudah memulainya dengan baik, tapi terpengaruh pergaulan yang buruk maka apa yang telah kalian awali dengan baik bisa berakhir buruk dan sia-sia. Bukankah itu sayang sekali? Carilah dan berkumpullah dengan teman yang sesuai minat, bakat, dan pemikiran kalian yang sama juga visi dan misi dalam hidupnya. Ini akan memudahkan kalian menapaki masa depan karena kalian akan saling mendukung satu sama lain. Ingatlah dalam segala hal ambillah apa yang baik dan tinggalkan apa yang buruk.

4. Biasakan diri menabung.

Pengalaman membuat aku mengerti betapa tidak enaknya tidak memiliki uang padahal saaat itu sangat diperlukan keberadaannya. Itu sebabnya aku mendorong kalian untuk gemar menabung, walau jumlah tidak banyak, teruslah tekun menabung. Suatu saat kalian akan rasakan manfaat dan indahnya menabung. Ini bukan demi kalian saja, tapi kelak kalian akan tahu nikmatnya bisa membantu orang tua bahkan orang lain dari uang tabungan kita. Jangan menjadi pribadi yang boros dan tidak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Jangan membeli sesuatu yang tidak perlu hanya karena menuruti gengsi atau tren. Inilah pentingnya menjadi diri sendiri.

5. Ingatlah selalu akan jasa orang tua kalian

Tanamkan bahwa kebahagiaan orang tua kalian adalah melihat kalian sukses dan membanggakan. Jika kalian memiliki motivasi menyenangkan orang tua, maka kalian akan semaksimal mungkin mengejar mimpi dan cita-cita kalian, dan takut membuat orang tua kecewa dan malu. Kalian akan terus terpacu untuk maju dan membuat orang tua kalian tersenyum bahagia. Inilah bakti kalian yang utama bagi orang tua. Dengan perlahan kalian menerapkan ini semua, aku yakin generasi muda Indonesia akan bisa menjadi generasi yang membanggakan. Generasi yang kuat dan berbakti luhur pada keluarga, bangsa, dan negara. (Tulisan ini dikirim oleh Merry_mirthasari)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...