CERITA ANDA

Belajar sambil Bersantai di Perpustakaan Bank Indonesia

Manfaatkanlah perpustakaan umum yang tersedia di kotamu.
Belajar sambil Bersantai di Perpustakaan Bank Indonesia
Perpustakaan Bank Indonesia, Surabaya. (U-Report)

VIVA.co.id – Sebagai mahasiswa yang memasuki tahap-tahap akhir masa perkuliahan, maka tidak lepas dengan yang namanya tugas akhir atau biasa disebut skripsi. Proses mengerjakan skripsi ini sangat melelahkan bahkan bisa dikatakan membosankan. Tetapi bagaimanapun juga ini adalah tugas akhir dan menjadi salah satu syarat agar bisa lulus dari masa perkuliahan. Sekaligus juga menjadi syarat untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah S2 untuk mendapatkan ilmu yang lebih luas dan gelar magister.

Saat mengerjakan skripsi ini, saya sering mengalami kesulitan ketika mencari buku yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam skripsi saya yang temanya mengenai auditing. Saat ini perpustakaan di kampus sedang dalam masa renovasi sehingga membuat saya kesulitan untuk mencari buku-buku yang dibutuhkan.

Kemudian saya berbagi cerita tentang keadaan yang saya alami ini kepada kakak kelas, dan kemudian dia menyarankan saya agar membuat “kartu sakti” di perpustakaan kampus. “Kartu sakti” ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk bisa masuk ke perpustakaan di kampus-kampus lain. Tetapi karena keadaan perpustakaan yang sedang direnovasi, saya beranggapan tidak akan mungkin bisa membuat kartu tersebut karena keadaan perpustakaan yang seperti itu.

Akhirnya ada seorang teman yang menyarankan kepada saya agar pergi ke perpustakaan Bank Indonesia untuk mencari buku sebagai bahan referensi. Selain letaknya yang tidak jauh dari kampus, persyaratannya pun sangat mudah untuk bisa masuk ke sana yaitu hanya dengan menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa atau Kartu Tanda Penduduk.

Pada awalnya saya mengira bahwa buku-buku yang ada di dalam perpustakaan tersebut adalah hanya buku-buku yang berkaitan dengan perbankan, karena kalau melihat dari namanya saja “Perpustakaan Bank Indonesia”. Tapi ternyata perkiraan saya berbeda dengan kenyataan. Kenyataannya dalam perpusatakaan tersebut tidak hanya menyediakan buku-buku tentang perbankan saja, tetapi banyak buku-buku lainnya yang tersedia, seperti buku tentang ekonomi, sastra, kedokteran, psikologi, keuangan, dan lain-lain. Menurut saya hampir lengkap buku-buku yang tersedia di sana.

Selain buku-buku yang banyak tersedia, tempat dan fasilitas yang disediakan juga lengkap dan nyaman. Sehingga suasana untuk membaca buku terasa menyenangkan dan tak ada sedikit pun rasa bosan yang menghinggapi meskipun dinginnya AC di sana bisa memberikan rasa kantuk.

Perpustakaan ini sangat membantu saya dalam mencari buku-buku yang bisa dijadikan referensi karena banyaknya buku tentang ekonomi yang tersedia di sana. Mungkin bagi kawan-kawan lain yang ingin menambah pengetahuan, ataupun mencari buku-buku yang bisa dijadikan referensi, saya sarankan untuk memanfaatkan perpustakaan umum yang tersedia di kotamu. Karena menurut saya, itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencerdaskan rakyatnya. (Tulisan ini dikirim oleh Basory.alwy, Surabaya)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...