CERITA ANDA

Siapkan Dirimu untuk Berwirausaha

Dengan berwirausaha penghasilan tak terbatas akan menjadi milikmu.
Siapkan Dirimu untuk Berwirausaha
Meraih sukses dengan menjadi pengusaha. (U-Report)

VIVA.co.id – Sekitar 1 tahun terakhir ini, aku mendengar topik yang sama dari teman-temanku semasa aku kuliah, SMA, bahkan teman SD. Topiknya adalah mereka bosan menjadi pegawai. Mereka capek, jenuh, dan ingin berwirausaha. Aku jadi berpikir, bukankah mereka dulu begitu antusias saat melamar kerja dan begitu bersyukur saat dinyatakan diterima kerja. Tapi mengapa akhirnya mereka dilanda bosan dan terasa tidak sanggup lagi menjadi pegawai?

Rupa-rupanya setiap manusia punya kehendak bebas yang pada dasarnya tidak ingin diperintah, ditekan, dan diatur orang lain. Saat mereka menjadi pegawai, mereka harus tunduk pada banyak hal. Mungkin hal tersebut tidak cocok bagi mereka, tapi mereka harus tetap taat dan patuh agar mereka tetap bisa bekerja di perusahaan itu.

Belum lagi di tempat kerja mereka bertemu dengan banyak karakter orang yang tidak semua baik dan cocok dengan mereka. Tapi, lagi-lagi mereka juga dipaksa menyesuaikan diri dengan semuanya itu agar bisa menjadi tim kerja yang baik sehingga tugas bisa diselesaikan dengan baik.

Belum lagi sikap bos yang kadang arogan, suka memerintah, tidak punya belas kasihan, dan sebagainya. Semuanya itu semakin menekan dan membuat suasana menjadi tidak nyaman. Tapi apa daya, semua harus tunduk karena itu adalah peraturan dan tatanan yang harus dijalani setiap hari.

Rupanya gaji tinggi, fasilitas melimpah, tidak serta merta membuat mereka nyaman dan kerasan di tempat kerjanya. Sampai akhirnya saat suatu titik jenuh memuncak, ditambah suasana tidak lagi kondusif, bos terasa tidak lagi bisa dijadikan panutan, gaji terasa mulai kurang, dan melihat dunia luar rasanya lebih indah dan menyenangkan, muncullah sikap pesimis dan ingin keluar dari tempat kerja.

Biasanya kalimat yang keluar adalah sama dari mereka semua yaitu “Aku ingin kerja sendiri, tidak ikut orang terus, aku sudah bertambah umur, dan tidak mungkin aku terus begini.” Kesimpulan yang sama bahwa menjadi wirausaha rupanya tujuan akhir bagi mereka. Dalam pikiran mereka, berwirausaha itu menarik, menyenangkan, santai, dan menghasilkan.

Unsur santai, tidak banyak tekanan dari banyak pihak dan aturan itulah yang menarik untuk setiap orang terjun di dalamnya. Kita bisa menjadi bos bagi orang lain, kita tidak terikat banyak aturan karena kita sendirilah yang membuat aturan bagi usaha kita. Kita bisa fleksibel terhadap banyak hal saat kita berwirausaha. Dan enaknya lagi, kita bisa ke mana-mana tanpa harus terikat jam kerja. Hebatnya adalah saat usaha kita sudah berjalan maka kita tidak lagi bekerja mengejar uang, tapi uanglah yang mengejar kita, sangat menggiurkan bukan?

Itu sebabnya berwirausaha ternyata begitu didambakan banyak orang. Jadi, persiapkanlah dirimu sejak sekarang untuk menekuni sebuah bidang wirausaha. Ciptakan lapangan kerja bagi orang lain, jadilah bos, jadilah pengendali, dan tentukanlah sendiri kesuksesanmu. Jangan hanya puas dengan gaji yang sekarang. Bukalah matamu, bahwa dengan berwirausaha maka penghasilan tak terbatas sangat mungkin menjadi milikmu. (Tulisan ini dikirim oleh Merry_mirthasari)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...