CERITA ANDA

Kolaborasi Pemuda Indonesia dan Filipina

Lebih dari 100 siswa SMA di Jakarta ikut dalam kegiatan ini.
Kolaborasi Pemuda Indonesia dan Filipina
Cultural Exchange and English Enhancement Program

VIVA.co.id – Pemuda Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan gerakan untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan dan juga lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh anakmuda.net yang berkolaborasi dengan KALFI (Filipina) dalam acara Cultural Exchange and English Enhancement program yang dilakukan di Binus, Jakarta (14/04/2016).

Anakmuda.net merupakan Social Enterprise digital start up di Indonesia yang menyediakan platform kolaborasi pemuda Indonesia untuk berprestasi , membantu mencapai kesuksesan yang diinginkan dan tetap memiliki jiwa sosial. Kegiatan kali ini merupakan bentuk dari komitmen anakmuda.net untuk menginisiasi pemuda Indonesia untuk berkontribusi di dalam bidang pendidikan dan lingkungan dengan melakukan kolaborasi dengan NGO dari Filipina.

Pada acara Cultural Exchange and English Enhancement kali ini anakmuda.net sukses membangun kolaborasi dengan berbagai instansi yaitu instansi pendidikan seperti SMA di Jakarta, universitas, dan yayasan sosial. Acara ini merupakan Integrated event bertemakan Social-Eco Empowerment yang akan berlangsung selama 4 hari (14-17 April 2016). Acara ini disponsori oleh Bank Mandiri, BINUS University, Universitas Bakrie, Teach For Indonesia, Bakrie Center Foundation, Bakrie Amanah, KALFI Institute (Filipina) dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pada acara ini diadakan pelatihan guru-guru Bahasa Inggris yang berasal dari 11 SMA di Jakarta oleh Bina Nusantara dan relawan dari KALFI Institute. Kemudian bagi siswa SMA yang berpartisipasi diberikan interaktif seminar dan juga Robins Discussion mengenai kebudayaan dan pariwisata yang dimiliki Indonesia dan Filipina. Total ada lebih dari 100 siswa SMA dari Jakarta ikut serta dalam kegiatan kali ini.

Acara sesi kedua dilanjutkan dengan Focus Group Discussion dengan jumlah total 50 peserta yang merupakan dosen, mahasiswa, dan relawan Filipina-Indonesia mengenai education, tourism dan digital era. Relawan dari KALFI Institute yang sebagian besar merupakan mahasiswa juga terlihat antusias dalam diskusi mengenai tiga tema ini.

Untuk kegiatan tanggal 15 April 2016 akan dilanjutkan dengan pengenalan budaya Indonesia kepada KALFI Institute Filipina dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dan Anjungan Jakarta. Dan pada tanggal 16-17 April 2016 seluruh peserta kegiatan mengunjungi Pulau Pari yang berlokasi di Kepulauan Seribu untuk melakukan aktivitas reboisasi hutan bakau sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan. Para peserta juga akan memberikan pelatihan kewirausahaan bagi penduduk lokal Pulau Pari dan Pasir Perawan mengenai pemanfaatan hutan bakau dan pengembangan pariwisata. Karena kedua hal tersebut merupakan potensi yang bisa dikembangkan oleh penduduk pulau tersebut.

Acara di Pulau Pari akan ditutup dengan pembangunan musala dan penyerahan fasilitas ibadah bagi musala yang akan dibangun tersebut. Anakmuda.net mengundang seluruh pemuda Indonesia untuk ikut serta dalam kegiatan anakmuda.net selanjutnya. (Tulisan ini dikirim oleh Rezza D Brammadita, Jakarta)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...