CERITA ANDA

Mahasiswa KKN UMI Gelar Penyuluhan UKS di Jeneponto

Banyak tantangan bagi peserta didik yang terancam kesehatannya
Mahasiswa KKN UMI Gelar Penyuluhan UKS di Jeneponto
Penyuluhan UKS oleh mahasiswa KKN UMI. (U-Report)

VIVA.co.id – Pada era globalisasi ini banyak tantangan bagi peserta didik yang dapat mengancam kesehatan fisik dan jiwanya. Tidak sedikit anak yang menunjukkan perilaku tidak sehat, seperti lebih suka mengkonsumsi makanan tidak sehat yang tinggi lemak, gula, garam, rendah serat, meningkatkan risiko hipertensi, diabetes melitus dan obesitas, dan sebagainya. Apalagi sebelum makan tidak mencuci tangan terlebih dahulu, sehingga memungkinkan masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh.

Selain itu meningkatnya perokok pemula, usia muda, atau usia peserta didik sekolah sehingga risikonya akan mengakibatkan penyakit degeneratif. Perilaku tidak sehat lainnya yang mengkhawatirkan adalah melakukan pergaulan bebas, sehingga terjerumus ke dalam penyakit masyarakat seperti penggunaan narkoba atau tindakan kriminal. Apalagi perilaku tidak sehat ini, disebabkan lingkungan yang tidak sehat, seperti kurang bersihnya rumah, sekolah, atau lingkungan masyarakatnya.

Tantangan lain tentang perilaku tidak sehat muncul dari diri peserta didik sendiri. Aktivitas fisik mereka yang kurang bergerak, olahraga pun kurang, malas sehingga tidak bergairah baik di rumah maupun di sekolah. Peserta didik pun cenderung lebih menyukai dan banyak menonton televisi, bermain video games, dan play station, sehingga mengakibatkan fisiknya kurang bugar. Akibatnya mereka rentan mengalami sakit dan beresiko terhadap berbagai penyakit degeneratif di usia dini.

Untuk menghadapi berbagai tantangan yang dapat mengancam kesehatan fisik dan jiwanya tersebut, sekolah memiliki peran yang penting untuk menciptakan dan meningkatkan kesehatan peserta didik. Melihat dan mengetahui pentingnya kesehatan pada peserta didik, mahasiswa KKN Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengelar Penyuluhan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di dua Sekolah Dasar di Kelurahan Pantai Bahari, Kabupaten Jeneponto. SD tersebut yaitu Madrasah Ibtidaiyah Swasta dan Sekolah Dasar No 152 Benteng I.

Tujuan dari penyuluhan Usaha Kesehatan Sekolah yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMI secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. Para peserta didik Indonesia memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat, serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah. (Tulisan ini dikirim oleh Andi Kamal)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...