CERITA ANDA

Cabuk, Citarasa Istimewa dari Wonogiri dan Baturetno

Tampilannya yang hitam tidak mengurangi nikmatnya kuliner ini.
Cabuk, Citarasa Istimewa dari Wonogiri dan Baturetno
Cabuk, makanan khas Wonogiri dan Batuterno. (U-Report)

VIVA.co.id – Banyak kuliner di Indonesia yang belum tergali dan dikenal oleh masyarakat luas. Terkadang makanan tradisional menjadi sesuatu yang terlupakan. Namun, nyatanya di daerah-daerah, makanan khas tersebut masih dipertahankan oleh masyarakat setempat dan menjadi makanan yang wajib ada.

Baturetno merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Seperti halnya Wonogiri yang terkenal dengan thiwul dan cabuk, tentu saja Baturetno juga tidak asing dengan makanan khas tersebut.

Di pasar Baturetno masih kita temukan penjual tepung gaplek, salah satu hasil olahannya adalah thiwul dan penjual cabuk. Cabuk mungkin terdengar asing dibandingkan dengan thiwul yang sudah dikenal oleh masyarakat. Saat ini cabuk sulit dicari mengingat bahan dasar yang mahal dan proses pembuatannya yang cukup rumit.

Cabuk terbuat dari biji wijen yang disangrai hingga hitam, lalu ditumbuk dengan campuran air dan kemudian di kukus. Biasanya cabuk yang dijual tanpa diberi bumbu, masih original. Untuk mendapatkan rasa cabuk yang lezat, bumbunya antara lain bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, garam, gula merah, ditumbuk halus lalu dicampur dengan parutan kelapa muda dan diberi daun kemangi.

Semua bumbu, parutan kelapa, dan kemangi dicampur jadi satu. Adonan lalu dibungkus daun pisang seperti pepes lalu dibakar. Tampilannya yang hitam tidak lantas mengurangi nikmatnya kuliner ini. Pedas, asin, manis, membaur menjadi satu saat dinikmati dengan nasi hangat. Apalagi dinikmati bersama nasi thiwul. Merupakan perpaduan yang luar biasa nikmatnya. Ingin mencoba kuliner langka ini, bertandanglah ke Wonogiri maupun Baturetno. (Tulisan ini dikirim oleh Leenda)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...