CERITA ANDA

Mahasiswa KKN UMI Gelar Seminar Masyarakat Desa

Mereka memaparkan program kerja yang akan dilakukan selama KKN.
Mahasiswa KKN UMI Gelar Seminar Masyarakat Desa
Seminar masyarakat desa. (U-Report)

VIVA.co.id – Seminar Masyarakat Desa adalah awal pertemuan mahasiswa KKN Universitas Muslim Indonesia (UMI) dengan pemerintah desa maupun masyarakat setempat, sekaligus pemaparan program kerja yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN UMI selama berada di lokasi KKN.

“Kami, mahasiswa KKN UMI yang ditempatkan di Kelurahan Pantai Bahari sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kelurahan Pantai Bahari dan semua masyarakat atas sambutan yang baik,” tutur Ketua Koordinator Desa KKN UMI, Andi Muh.faisal. Adapun beberapa program kerja yang telah disepakati dalam Seminar Masyarakat Desa mahasiswa KKN UMI bersama Pemerintah Kelurahan Pantai Bahari dan masyarakat, yaitu:

1. Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS)

Penyuluhan PHBS ini sasarannya kepada anak-anak usia SD. Hal ini merupakan salah satu upaya agar siswa-siswi SD tahu dan mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta berperan aktif mewujudkan sekolah sehat. Harapanya dengan dilakukan penyuluhan PHBS di Sekolah Dasar ini bisa melahirkan generasi-generasi bangsa yang sehat.

2. Mengajarkan Baca Tulis Al-Quran

Alquran sebagai wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW yang menjadi pedoman hidup bagi setiap umat manusia guna menunjukkan kepada jalan kebaikan dan kebenaran. Tujuan dari program mengajarkan baca tulis Alquran ini supaya generasi-generasi Kelurahan Pantai Bahari bisa mengerti dan paham tentang Alquran dan bisa menjadi panutan ke depan nanti bagi generasi selanjutnya.

3. Minggu Bersih Mahasiswa KKN UMI

Pemerintah setempat dan masyarakat Kelurahan Pantai Bahari bekerjasama untuk melakukan kerja bakti membersihkan setiap lingkungan warga yang ada di Kelurahan Pantai Bahari. Kerja bakti ini bertujuan agar masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan, dan diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya di bagian kesehatan.

4. Mengajar di Sekolah Dasar (SD)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Jadi selain mengabdi ke masyarakat, mahasiswa juga dituntut untuk megajar ke sekolah. Dengan mengajar, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu dan teori-teori yang ter-update yang didapatkannya di kampus.

5. Bakti Sosial (BakSos) di Pesisir Pantai Bahari

Penduduk Kelurahan Pantai Bahari kurang lebih 80 persen menggantungkan hidupnya di laut sebagai nelayan dan petani rumput laut. Jadi, pada saat mahasiswa melakukan observasi mahasiswa melihat Pantai Bahari dipenuhi oleh banyaknya sampah yang berserakan di sepanjang pesisir Pantai Bahari. Mahasiswa melihat masyarakat Pantai Bahari kurang menjaga lingkungan khususnya di pesisir pantai.

Padahal dengan lingkungan yang bersih akan menghasilkan biota-biota laut yang bagus. Apalagi di pesisir laut Pantai Bahari adalah tempat pekerjaan petani rumput laut, maka dengan pantai yang bersih otomastis bisa meningkatkan kualitas rumput laut yang baik. Dan jika kualitas rumput laut sudah bagus pastinya akan meningkatkan hasil panen para petani rumput laut.

Di sisi lain, Pantai Bahari berpotensi menjadi aset wisata. Karena selain pemandangan yang indah, Pantai Bahari juga bisa menjadi pantai percontohan petani rumput laut. Bakti sosial ini adalah langkah awal untuk mengubah secara bertahap Pantai Bahari. Mungkin mahasiswa KKN UMI akan bekerjasama dengan TNI, ibu-ibu PKK, dan yang pastinya dengan masyarakat Kelurahan Pantai Bahari untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan Bakti sosial ini.

6. Pembentukan Unit kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar

Tujuan pembentukan UKS adalah salahsatu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Upaya pendidikan dan kesehatan adalah upaya yang paling tepat dilakukan melalui institusi pendidikan. Sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses belajar-mengajar harus menjadi "Health Promoting School" artinya sekolah yang dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya. Semuanya akan tercapai bila sekolah dan lingkungannya dibina dan dikembangkan, antara lain melalui UKS. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan suatu usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah.

7. KKN Cup

Ada beberapa turnamen kegiatan dalam KKN Cup, di antaranya Bola Takrau tingkat Kelurahan Pantai Bahari, MTQ tingkat anak sekolah, Lintas Seni tingkat sekolah. Tujuannya dengan diadakan beberapa kegiatan KKN Cup di atas dapat merefleksikan atau meningkatkan kembali potensi-potensi pemuda dan anak-anak Kelurahan Pantai Bahari.

Dalam sambutannya, Lurah Pantai Bahari Samsudin S.Sos M.M mengatakan, “Kami selaku pemerintah setempat mendukung penuh setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMI, apalagi yang berkaitan tentang kesehatan, pendidikan, dan ilmu agama.” (Tulisan ini dikirim oleh Andi Kamal)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...