CERITA ANDA

Jangan Biarkan Cinta Membutakan Mata dan Hatimu

Cinta buta yang tidak disertai rasionalistas membawa pada kehancuran.
Jangan Biarkan Cinta Membutakan Mata dan Hatimu
Tinggalkan cinta buta, tumbuhkan cinta yang rasional (U-Report)

VIVA.co.id – Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk menikah, karena dengan menikah kita bisa memperoleh keturunan dan mendapat pendamping hidup dalam menjalani kehidupan sampai akhir hayat. Itu sebabnya, pernikahan sangat penting bagi manusia dan agar itu terjadi seumur hidup hanya sekali dan mendapatkan kebahagiaan dalam berumah tangga.

Tentunya, harus banyak belajar dari para pendahulu (orang yang sudah menikah) dan bahkan membaca banyak artikel mengenai pernikahan. Pernikahan sejatinya adalah penyatuan dua insan yang berbeda jenis kelamin, berbeda latar belakang, budaya, karakter dan kebiasaan.

Dan tujuannya tentu sampai akhir hayat meraih bahagia bersama, pernikahan sifatnya untuk jangka panjang. Itu sebabnya sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, ada baiknya menyimak tips berikut yang aku rangkum dari beberapa pengalaman hidup orang-orang terdekatku..

1. Perhatikan Agama. Ini adalah faktor penting saat memutuskan menikah, karena ini menjadi dasar dalam menetapkan arah tujuan pernikahan. Sebaiknya memang dalam 1 rumah tangga memiliki agama yang sama, tentu untuk kemudahan dalam menjalankan ibadah dan tentu jika harus mengalami perpindahan agama untuk mengikuti salah satu pihak.

Kita harus memperhatikan banyak faktor juga, seperti kemantapan diri untuk berpindah agama, mendengar kata hati nurani dan pendapat orang tua. Mendengar pendapat orang tua mutlak diperlukan walau kita telah dewasa, karena orang tualah yang akan selalu setia bersama kita kelak dalam suka dan duka.

Terlebih orang tua yang sudah melahirkan kita tentu memiliki hak pendapat untuk kebaikan. Kita.. pertimbangkan matang-matang mengenai perbedaan ini, ambillah keputusan terbaik, jika memang merasa agama adalah prinsip yang harus dipegang teguh, maka mungkin ada baiknya membuat keputusan berpisah daripada menikah dan kelak bercerai.

Dan berdasarkan pengalaman orang-orang terdekatku memang perjalanan pernikahan mereka tidak begitu mulus dalam menjalani pernikahan beda agama. Itu sebabnya jika kamu sekarang menghadapi hal yang sama, semoga kamu bisa memutuskan yang terbaik tanpa selalu mengedepankan cinta di dalam dada..

2. Perhatikanlah Latar Belakang Sosial Ekonomi, Ini memang terdengar matre, tapi sesungguhnya ini juga merupakan faktor penting dalam menentukan arah keberhasilan sebauh pernikahan. Sebuah kalimat bijak berkata “cinta saja tak cukup untuk menyatukan dua insan, Ada peran uang juga di sana.” Setiap orang dalam hidupnya memerlukan uang agar bisa hidup, minimal saja untuk urusan perut alias makan.

Jika perut sudah dilanda lapar, apakah cinta saja bisa membuat kenyang? Itu sebabnya jika dua insan mengalami perbedaan status sosial ekonomi yang mencolok, jika tidak dilengkapi dengan saling pengertian dan saling menghormati, maka yang ada adalah pihak yang lemah akan ditindas, akan diremehkan dan akan timbul ketidak harmonisan dalam keluarga.

Itu sebabnya sebelum menikah, pertimbangkanlah mengenai hal ini, apakah bisa bersama dalam perbedaan mengenai hal ini, termasuk keluarga besar kita yang akan segera bergabung menjadi keluarga pasangan kita.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...