CERITA ANDA

Purwakarta Surga Pemain 'Ingress Game'

Purwakarta dikenal sebagai kota segudang patung.
Purwakarta Surga Pemain 'Ingress Game'
Patung Arjuna di Situ Wanayasa, Purwakarta. (Jay Bramena/ VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Ingress game, adalah permainan augmented realitas yang bercerita tentang dua kubu yaitu manusia dan alien. Dominasi manusia di bumi akan terusik oleh adanya invasi alien. Yang menjadikan game ini menarik adalah dengan dijadikannya objek wisata seperti patung, tepat ibadah ataupun bentuk bangunan yang menarik lainnya sebagai objek permainan.

Purwakarta sebagai kota dengan segudang patungnya menjadikan kota ini surga para pemain ingress, bagaimana tidak? Bayangkan tiap pertigaan tiap perempatan jalan atau bahkan tiap sisi kota yang berbatasan dengan kota besar lainnya pasti ada sebuah gapura besar lalu patung dengan rupa perwayangan ataupun bentuk pahlawan besar, presiden dan wakil presiden dan hewan hewan dalam bentuk paling tidak tinggi 1,5 meter (paling kecil).

Yang paling besar yang pernah saya lihat patung gatotkaca dengan tinggi lebih dari 10 meter menjulang di pertigaan jalan antara arah Bandung dengan arah bendungan Jatiluhur. Dengan patung dan ingress sebagai permainan, bisa kita lihat perpaduan yang pas.

Jalan-jalan di kota yang penuh dengan rupa patung, sebagai objek selfie, foto keluarga atau sekadar menikmati bentuk kreativitas manusia (seni rupa) yang mungkin di negara ini tidak begitu dihargai. Paling tidak, di kota Sate Maranggi dan patung ini seni dan budaya asli- nya masih dipertahankan hingga saat ini. (Tulisan ini dikirim oleh Engkos Hermawan, Purwakarta, Jawa Barat)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...