Hantu Kerudung Merah di Kolam Renang

Ilustrasi kolam renang
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Salah satu cara saya melepas penat karena seharian beraktivitas adalah olahraga. Saya mulai olahraga biasanya di atas jam 7 malam. Entah itu berenang, main basket, angkat-angkat barbel, atau main tenis meja. Olahraga apapun saya lakukan yang penting tubuh bergerak dan bugar untuk keesokan harinya.

Potret Shandy Aulia Pakai Kerudung di Abu Dhabi, Jadi Mualaf?

Biasanya sih saya olahraga di apartemen teman saya. Kebetulan dia punya satu unit di sana dan saya enggak tahu kenapa fasilitas olahraga yang ada di sana jarang banget ada yang pakai. Contohnya kolam renang. Hampir setiap hari saya ke sini, dan kolam ini pasti sepi. Entah saya yang terlalu bodoh buat berenang di jam 8 malam atau orang-orang sudah terlalu malas buat berolahraga setelah lelah seharian bekerja.

Teman saya yang punya unit di sini namanya Dylan. Entah dia itu masih seperti anak kecil atau apa, dia itu hobi banget buang air kecil sembarangan di dalam kolam. "Bro, ke sini dong! Tolongin gue," kata dia suatu hari. Saya langsung berenang secepat kilat begitu dia teriak minta tolong. Pas saya sudah sampai ke tempat dia berendam, sambil nyengir dia bialng, "Hehehe, gue barusan kencing di sini." Jauh-jauh saya berenang ke arah dia enggak tahunya cuma dikecingin doang.

Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Pernah juga suatu kali, ketika sedang berenang tanpa sengaja saya tersedak air kolam dan enggak sengaja tertelan airnya. Dengan polosnya dia bilang, "Eh, tadi gue kencing di situ." Gara-gara dia ngomong begitu, saya langsung jadi enggak nafsu makan dan minum karena merasa tubuh saya sudah dicemari oleh air kencing dia. Hal itulah yang menjadi titik momentum saya buat balas “kejahatan” dia.

Saya berpikir keras bagaimana caranya buat balas ke dia. Sebenarnya kalau saya enggak beradab saya bisa balas dengan cara-cara yang lebih enggak beradab. Tapi karena saya beradab, saya lebih mikir buat ngerjain dia pakai cara-cara yang lebih halus dan cantik.

Menguak Serba Serbi yang Melekat pada Legenda Kuyang

Kebetulan dia baru beli sandal baru yang harganya mahal. Saya mau iseng umpetin buat hukuman karena suka kencing sembarangan. Saat dia lagi lengah, saya ambil sandal itu dan saya umpetin di pot dekat kolam renang. Setelah saya pikir aman, saya langsung nyebur ke kolam untuk menghilangkan barang bukti kalau saya pernah keluar dari kolam. Ketika selesai berenang, dia langsung kebingungan sambil garuk-garuk kepala. "Eh, Skechers gue kok ilang satu ya?". Sebenarnya pas dia ngomong kayak begitu saya ingin banget ketawa gila-gilaan, tapi saya tahan dan berakting bodoh seolah tidak terjadi apa-apa.

Karena aslinya memang saya paling jahil dan suka iseng, Dylan langsung menuduh kalau saya yang sudah menyembunyikan sandalnya. Saya pasang muka bingung dan enggak tau apa-apa tentang misteri hilangnya sandal dia. Setelah lama mencari, akhirnya dia menemukan juga sandalnya yang saya simpan di dekat pot. Saat itu kalau saya lihat dari mukanya, dia masih yakin 99 persen kalau saya adalah tersangka utamanya.

Besoknya ketika sedang berenang lagi, giliran saya umpetin handuknya dia. Pas saya umpetin handuknya, saya pakai cara copet kalau sedang mencopet, tenang dan tidak meninggalkan jejak. Awalnya saya mengajak dia untuk tanding renang dan pas dia mulai berenang, dengan secepat kilat saya langsung naik ke atas dan menyembunyikan handuk yang dia simpan di dalam tasnya. Persis kayak copet lagi nyopet di angkot. Cepat dan tidak berbekas.

Sampai saat selesai dan mau mandi, muka Dylan langsung berubah bingung gara-gara handuknya hilang. Seperti biasa, saya langsung pasang muka polos dan meyakinkan dia kalau dari tadi saya berenang terus di kolam dan tidak sempat keluar-keluar dari kolam. Dia masih tetap saja menuduh kalau saya adalah malingnya. Saya pun masih sekuat tenaga menyangkal kalau saya adalah maling handuk. Untuk meredakan suasana, saya harus segera mencari “kambing hitam”.

Kebetulan sekali di tepi kolam ada anak kecil yang sedang bermain sambil cekikikan di tepi kolam. Saya tidak tahu itu anak siapa dan namanya siapa. Yang saya tahu dia pakai jersey Chelsea bertuliskan "Drogba". "Ini sih kalau kata gue ya. Kalau diperhatiin kayaknya si “Drogba” deh pelakunya. Soalnya dia mainnya deket-deket tas kita. Terus liat aja dia cekikikan, kayaknya dia deh yang ngumpetin," ucap saya meyakinkan si Dylan. "Iya gitu?”, Dylan mulai curiga. Kebetulan pas saya bilang begitu si “Drogba” lagi cengengesan. Entah lagi cengengsan sama siapa, tapi cengengesannya si “Drogba” itu benar-benar berkah buat saya.

Dylan mulai percaya kalau si “Drogba” adalah pelakunya dan bilang bakalan lebih ngawasin dia kalau nanti berenang lagi. Besoknya pas kita berenang lagi, giliran saya pakai teori kebalikkan. Kalau biasanya, saya yang ngumpetin sandal dan handuk dia, sekarang giliran saya ngumpetin barang saya sendiri. Sengaja saya ngumpetin sepatu yang biasa saya pakai. Saya umpetin di dekat pohon mahoni dekat foodcourt.

"Eh, sepatu saya yang sebelah kiri kok hilang ya?" tanya saya pura-pura bodoh. Dylan yang mendengar omongan saya langsung tertawa ngakak. Kayaknya dia puas banget mendengar sepatu saya hilang. Saya pura-pura bingung sambil nyari-nyari sepatu itu. Kalau saya bisa nilai, serius deh akting bingung saya sudah level Oscar, semua terpedaya. Saat Dylan masih cengengesan, enggak tahu darimana tiba-tiba ada anak cewek, umur sekitar 6 tahun langsung nyerocos bilang ke saya dan Dylan, "Kak, tahu enggak kalau di apartemen ini ada hantu kerudung merahnya? Aku sering lihat."

Mendengar ada hantu merah, Dylan yang awalnya ketawa gila-gilaan langsung pucat pasi. Mulutnya langsung mingkem. Kalau saya sih malah enggak terlalu percaya secara yang ngomong anak kecil. Mendengar soal hantu merah ini, saya langsung nakut-nakutin Dylan. Saya bilang, “Jangan-jangan selama ini yang ngumpetin barang-barang loe tuh si hantu kerudung merah. Hantu kerudung merah itu tersinggung gara-gara loe kencing sembarangan terus ngencingin muka si hantu kerudung merah!”. "Jadi gimana dong?" tanya Dylan ketakutan.

Saya sekarang benar-benar merasa lagi di atas angin. "Kalau kata gue sih ya, mending setiap loe berenang sebelum nyebur loe ngomong begini, permisi, maaf saya enggak akan kencing sembarangan lagi. Maaf sudah mengganggu,” ucap saya yakin. "Seriusan loe?" tanya dia. "Seriuslah. Istilahnya tuh permisi dulu. Loe tahu enggak kalau sopir truk lagi kebelet, dia pasti pipis di pinggir jalan, tapi sebelum pipis dia permisi dulu. Kalau enggak dia bakalan ditempelin terus. Serem deh," tambah saya.

Raut muka Dylan mulai menunjukkan raut yang penuh dengan ketakutan. saya ingin banget ketawa gila-gilaan, tapi saya harus tetap berakting kayak si Dirgo yang cool di Ganteng Ganteng Serigala. Dan setelah kejadian hantu kerudung merah itu, renang saya jadi terasa menyenangkan. Si Dylan yang biasanya dengan keji buang air seni di kolam tanpa merasa bersalah sekarang sudah berubah. Tiap dia mau nyebur pasti dia ke toilet dulu.

Cerita soal hantu kerudung merah ini ternyata juga sudah menyebar ke mana-mana gara-gara si Dylan cerita. Semua orang juga jadi nanya ke saya tentang legenda hantu kerudung merah ini padahal aslinya saya juga enggak tahu bentuknya kayak apa. Yang pasti, si Dylan enggak cerita kalau dia suka pipis sembarangan di kolam terus barang-barang dia diumpetin hantu kerudung merah. Dia cuma cerita kalau setiap berenang, barang-barang dia pasti ada saja yang hilang.

Beberapa hari setelah kejadian itu, saya sedang berenang di apartemen itu lagi. Kali ini saya berenang sendiri karena kebetulan Dylan dan teman-teman saya yang lain sedang ada acara. Sekitar satu jam saya berenang dan setelah capek, saya beranjak naik ke tepi kolam buat mandi dan ganti baju. Pas saya naik dan mengambil tas saya, kok handuk saya enggak ada. Padahal saya ingat banget sudah manaruhnya di atas tas. Saya celingak-celinguk melihat sekeliling, tapi suasana memang lagi sepi banget dan enggak ada siapa-siapa. Jadi?Hik...serem.(Cerita ini dikirim oleh Stefanus Sani, Bandung)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya