Jeli Mengenali Keindahan Sebutir Mutiara Khas Lombok

Mutiara khas Lombok
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Lombok. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya yang menawan, tempat yang satu ini juga menyimpan kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya dalam bentuk mutiara. Untuk urusan yang satu ini agaknya Indonesia patut berbangga memiliki Pulau Lombok. Karena dari tempat inilah pesona keindahan mutiaranya terkenal sampai ke seluruh dunia.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

Keunggulan mutiara khas Lombok memang sudah diakui dunia, bahkan sudah di ekspor ke luar negeri dengan harga yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan mutiara Tihiti dan mutiara Akoya, mutiara dari pulau Lombok tetap yang terbaik. Meskipun kedua mutiara dari Thiti dan Akoya berkualitas bagus dan sulit ditemukan, namun mutiara Lombok lebih digemari orang.

Keunggulan mutiara Lombok karena mutiara yang dihasilkan besar-besar dan kilaunya sangat indah. Inilah alasannya mengapa mutiara di pulau Lombok tetap menjadi pilihan semua orang, baik dalam maupun luar negeri. Harga yang tinggi memang sebanding dengan keindahan mutiara khas Lombok ini. Perhiasan dari mutiara memang punya daya tarik tersendiri, dan tentu saja tak kalah hebatnya dengan jenis perhiasan lainnya. Bentuknya yang bulat dengan kilau khasnya, membuat setiap mata terbelalak begitu menatap pesonanya.

Bantu Redam Dampak El Nino, ASDP Tebar 1.000 Sembako Gratis di Pelabuhan Bolok Kupang

Belum lagi kalau sudah dipadu dengan emas kemudian disulap ke dalam tampilan barunya nan elegan, harganya bisa menembus angka yang fantastis. Kita mungkin sempat dibuat penasaran saat mengetahui harga mutiara air laut berbeda-beda antara toko yang satu dengan lain. Ternyata hal itu sangat dipengaruhi oleh beberapa kriteria-kriteria berikut ini:

1. Shine (kilau), kilau yang ditampakkan sebutir mutiara memegang peranan penting dalam menentukan harganya. Semakin berkilau mutiara, tentu akan semakin mahal harganya.

Rafaksi Minyak Goreng Harus Segera Rampung, Luhut: Supaya Pedagang Tidak Rugi!

2. Surface (kemulusan permukaan), mutiara yang mulus permukaannya harganya akan lebih mahal.

3. Shade (bias warna), saat bersanding dengan mutiara yang lain, ternyata shade masing-masing mutiara ternyata berbeda. Ada yang tampak benar-benar sparkling dibanding dengan yang lainnya. Semakin berkilau bias warna sebutir mutiara, maka harganya juga akan semakin mahal.

4. Shape (bentuk), mutiara dengan bentuk bulat sempurna harganya juga mahal.

5. Size (ukuran), semakin besar ukuran sebutir mutiara, membuat harganya juga ikut terkatrol mahal.

Mengingat harga perhiasan mutiara yang begitu fantastis, tak heran kalau banyak oknum tertentu yang ingin meraup keuntungan dengan memalsukan keaslian mutiara. Tips berikut bisa kita jadikan acuan agar tidak terjebak dengan mutiara imitasi atau palsu. Pastikan membeli mutiara dari penjual yang terpercaya dan jelas kriterianya. Jadi bukan dari penjaja keliling yang biasa menawarkan mutiara di tempat-tempat wisata tertentu.

Kita patut curiga jika ada yang menawarkan mutiara laut dengan harga yang sangat murah, tanpa ada event promo atau diskon. Budidaya mutiara air laut membutuhkan penanganan dan perawatan khusus, jadi secara logika tidak dijual dengan harga yang sangat murah.

Mutiara air laut yang asli jarang sekali dijual dalam bentuk butiran. Mutiara laut yang asli dijual per gram jika hanya beli mutiaranya saja. Mutiara yang asli jika digigit atau digosokkan akan mengeluarkan serbuk halus atau pasir, sedangkan yang palsu terasa licin. Test mutiara palsu bukan dengan cara dibakar, karena sudah dilapisi dengan cat anti bakar. Kerok lapisan mutiara dengan pisau atau cutter, jika ada yang mengelupas sudah dipastikan mutiara tersebut palsu. Bentuk mutiara asli juga tidak bulat sempurna, sedangkan mutiara palsu tampak bulat sempurna. Berikut tujuh cara membedakan mutiara palsu dengan yang asli:

1. Mutiara asli memiliki sedikit bercak pada permukaannya (banyak sedikitnya tergantung kualitas), sedangkan pada mutiara palsu permukaan terlihat nampak halus mulus tanpa bercak sama sekali.

2. Warna mutiara asli terlihat berkilau alami, sedangkan yang palsu warnanya kusam atau kilau yang berlebih (efek dari coating cat)

3. Permukaan mutiara asli memiliki refleksi (pantulan) yang alami jika kena cahaya, sedangkan mutiara palsu tidak terlalu reflektif

4. Ukuran dan berat mutiara asli berbeda-beda tiap butirnya, sedangkan mutiara palsu ukurannya cenderung sama

5. Mutiara asli terasa dingin jika disentuh atau dipakai, sedangkan mutiara palsu umumnya cenderung tetap pada suhu kamar

6. Mutiara asli terasa lebih berat dibandingkan dengan mutiara palsu

7. Mutiara asli jika digigit terasa kasar berpasir, sedangkan mutiara palsu sangat mulus.

Biasanya mutiara palsu memanfaatkan Shell pearl. Shell pearl adalah mutiara imitasi yang dibuat dari kulit kerang, kemudian dilapis denga bahan sitentis dengan mengunakan cairan tertentu sehingga menampilkan efek mutiara asli. Beratnya memang hampir sama dengan mutiara asli, karena dibuat dari kulit kerang namun mulus sempurna tanpa blemish. Blemish adalah semacam titik di permukaan mutiara asli. Satu lagi pembeda yang jelas kalau mutiara tersebut palsu dari kondisi mutiara tersebut yang sudah dibor dan siap pasang.

Berdasarkan tempat budi dayanya, mutiara-mutiara dapat dibedakan menjadi:

Mutiara Laut. Jenis mutiara ini memang dibudidayakan di laut. Bentuknya lonjong, bulat, setengah lingkar dan tidak beraturan. Warnanya putih, gold, kuning, hitam, hitam keabu-abuan, hitam kemerah-merahan, putih kekuningan, dan silver. Besar dan berat sama atau sesuai. Soal harga ditentukan oleh berat, warna, kualitas dan kilau warna. Biasanya harga itu sangat tergantung dari gram-nya dengan variasi. Ciri-ciri khusus bila digigit terasa pasir tapi tidak bisa tergores.

Mutiara air tawar. Mutiara jenis ini dibudidayakan di air tawar. Bentuknya bakpau atau setengah lingkar dan lonjong. Warna-warnanya: hitam, biru, pink, putih, orange, hijau, merah, dan kuning. Untuk besar dan berat hampir sama. Jika dibanding dengan mutiara air laut, tentu harganya lebih murah mutiara air tawar. Bila digigit terasa pasir tapi tidak mudah tergores.

Mutiara Imitasi. Mutiara imitasi merupakan hasil rekayasa yang dibuat pabrik. Bentuk identik dengan bulat sempurna. Warnanya sama dengan mutiara air tawar. Karena kualitas imitasi, maka besar dan berat tidak sesuai. Harganya juga sangat murah karena terbuat dari plastik, maka bila digigit terasa licin dan mudah terkelupas.

Dengan mengenal mutiara lebih dekat, kita jadi tahu bagaimana menghargai nilai sebuah mutiara. Apalagi jika sudah berpadu dengan emas dalam bentuk perhiasan yang elegan dan menawan. Kemampuan mengenali keaslian sebuah mutiara membuat kita bijaksana dalam mensyukuri semua rahmat dan pemberian Tuhan. Mutiara khas Lombok memang rupawan dan sangat menawan. (Tulisan ini dikirim oleh Aminah, Surabaya)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya