Hidupku Indah dengan Hadirnya Social Media

Berbagai jenis sosial media
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Tahun-tahun belakangan ini kita disuguhkan dengan fenomena orang mulai kecanduan gadget. Apa sih yang sebenarnya mereka lakukan dengan gadgetnya? Ada yang sibuk dengan aneka social media, ada yang sibuk chatting, ada yang sibuk main games, ada yang sibuk foto-foto, macam-macam kesibukan setiap orang. Rasa-rasanya hampir di setiap tempat selalu kita dapati orang menunduk dan sibuk dengan gadgetnya. Dunia menjadi terasa sempit gara-gara gadget.

Terpopuler: Negara Paling Bahagia di Asia sampai Ramalan Zodiak

Kali ini aku ingin membahas soal social media, seperti facebook, twitter, juga instagram, dan yang lainnya. Tahukan kita bahwa social media ini banyak sekali membawa perubahan dalam hidup kita. Mereka membawa kemudahan juga sekaligus berdampak buruk jika mengikutinya. Hal-hal berikut ini adalah yang aku dapatkan dari bermain social media.

1. Bisa terhubung lagi dengan teman lama yang sudah loss contact.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Wah, menyenangkan sekali bukan? Kalau kita sudah kehilangan kabar seorang teman atau saudara bertahun-tahun lamanya dan bisa kembali terjalin silaturahmi hanya dengan social media. Sangat menyenangkan dan mudah sekali. Bahkan kita bisa lihat foto-foto mereka terkini, mengikuti berbagai aktivitasnya dan banyak lagi.

2. Bisa buat ajang berjualan online.

Halalbihalal Lebaran Bersama Anak Buah, Irjen Sandi Beri Pesan Ini

Enaknya bisa berjualan tanpa perlu punya lapak nyata. Cukup buka social media kita, dan kita pun sudah bisa berjualan di sana. Jadi bisa menghasilkan uang juga kan dengan bermain social media.

3. Bisa ikutan berbagai kuis, kontes, lomba, dan undian berhadiah dari social media.

Jadi social media diberdayakan agar menghasilkan keuntungan juga dengan mengikuti berbagai kegiatan yang ada di sana. Selain seru, tapi juga positif sekaligus menghasilkan

4. Bisa sebagai tempat curhat.

Selain uneg- uneg, pendapat pribadi, foto, dan berbagi aktivitas dapat kita tunjukkan disini. Tentu saja ini dari segi positif ya harusnya, bukan sebagai ajang pamer yang menjurus ke hal-hal negatif. Kalau motifnya sebagai pengingat suatu momen, pada hari dan tanggal tertentu pasti sangat bermanfaat. Karena kelak waktu sosial media kita scroll ke bawah kita jadi ingat akan momen-momen itu. Wah, keren banget, karena kadang kita sendiri saja sudah lupa posting apa pada tanggal itu di tahun yang lalu.

5. Bisa tahu banyak informasi tentang hal-hal yang kita sukai.

Hal- hal yang topiknya kita ikuti bisa kita klik link di mana saja dan langsung terbuka deh tujuan kita. Memudahkan sekali, belum lagi kalau kita tergabung dalam banyak grup sesuai minat dan bakat kita, maka kita bisa bertukar pengalaman dan ilmu dari social media tersebut.

6. Menambah perasaan bahagia.

Tentu saja social media juga dapat membuat kita bahagia, misalnya karena permintaan pertemanan kita di-confirm oleh orang yang berpengaruh, seperti politikus, orang terkenal, dll. Rasanya di-confirm seseorang yang kita inginkan begitu pentingnya, sampai begitu bahagia jika bisa terhubung dengan mereka.

7. Bisa membuat sedih.

Selain membuat bahagia, sosial media bisa juga membuat kita sedih, misalnya karena tidak di konfirmasi saat kita menambahkan pertemanan bahkan bisa juga menimbulkan pertengkaran akibat komentar yang tidak disengaja telah menyinggung perasaan orang lain

8. Bisa menjadi ajang cinta lama bersemi kembali.

Bukan hanya balikan dengan mantan, social media pun bahkan bisa menjadi ajang perselingkuhan. Biasanya karena adanya hubungan intens di dunia maya. Bisa ngobrol lewat kolom komentar dan di fitur pesan kapan saja.

9. Bisa bertemu jodoh.

Dari yang awalnya tidak kenal sama sekali, akhirnya bisa kenal, dekat dan menikah, menyenangkan sekali bukan? Ternyata dunia maya bisa menyatukan insan sampai di dunia nyata.

10. Menjadi teman setia saat sedang sendiri.

Kesendirian tentu pernah kita alami, seperti saat sedang antre, menunggu kendaraan umum, menunggu teman, dll. Dengan adanya berbagai social media kita bisa membukanya sebagai pengisi waktu luang agar tidak bosan. Dan yang terpenting dari semuanya itu adalah kita harus bijaksana dalam menggunakan social media.

Dalam social media seharusnya kita hanya perlu menuliskan apa yang memang perlu dan pantas untuk kita tuliskan. Kita juga harus memikirkan berulang kali apakah foto yang kita posting bermanfaat atau tidak. Jadi tidak begitu mudahnya share ini itu ke social media jika kelak hanya membawa dampak buruk bagi kita di masa depan.

Ingat bahwa social media bisa dibaca teman-teman kita bahkan semua orang jika tersetting untuk umum. Apa yang kita tampilkan sedikit banyak mencerminkan seperti apakah kita. Kemudiaan juga jangan sampai kecanduan pada social media, buka seperlunya hanya di saat dan waktu yang tepat. Jangan dibuka saat keadaan tidak memungkinkan. Perlu diingat kalau sudah banyak orang yang kecanduan social media harus kehilangan nyawa akibat sibuk ber-social media di jalanan. Apapun yang baik dari social media mari kita ambil dan yang buruk mari kita tinggalkan. (Tulisan ini dikirim oleh Merry_mirthasari)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya