CERITA ANDA

Aksi Banten Creative Community di Chingay Parade 2016

Seniman asal Banten itu mampu memukau puluhan ribu penonton.
Aksi Banten Creative Community di Chingay Parade 2016
Banten Creative Community

VIVA.co.id – Indonesia dan Provinsi Banten patut bangga. Pasalnya, kesenian Angklung Buhun berhasil ditampilkan dalam perhelatan Chingay Parade 2016, di arena F1 Pit Building, Singapura.

Chingay Parade sendiri merupakan event tahunan yang diselenggarakan di Singapura dengan melibatkan sekitar 50 tim kesenian dari 10 negara. Adapun tema yang diusung dalam parade kali ini yakni Lights of Legacy, Brighter Singapore.

Penampilan kesenian Angklung Buhun yang ditampilkan oleh sejumlah pegiat kesenian yang tergabung dalam Banten Creative Community (BCC) ini berhasil menyedot perhatian puluhan ribu penonton di acara tersebut. Bahkan, 11 orang seniman asal Banten itu mampu memukau penonton dengan keunikan Angklung Buhun.

Dikatakan Presiden Direktur BCC, Usep Mujani, dipilihnya kesenian Angklung Buhun dalam Chingay Parade, karena kesenian ini sangat kental dengan nuansa kebantenan. “Kami menampilkan seni angklung buhun asal Cibarani, salah satu daerah yang masih menjaga kesenian lokal di Lebak,” ujar Usep Mujani di Singapura pada Minggu (20/2/2016).

Menurut Usep, BCC akan terus aktif dalam mengkampanyekan kekayaan budaya dan seni yang dimiliki Banten dalam ajang internasional. “Ada dukungan ataupun tidak, kami akan terus mengenalkan kekayaan budaya dan seni Banten di tingkat internasional," tambahnya.

Usep berharap peran yang dilakukan oleh BCC akan berdampak besar terhadap Indonesia dan Pemprov Banten, terutama dalam mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. "Event Chingay merupakan event budaya tahunan yang bergengsi di Asia, momentum yang pas untuk kampanyekan kekayaan Indonesia di pentas dunia", pungkasnya. Seperti diketahui, Chingay Parade ini digelar dari 17-20 Februari 2016 di Singapura. Parade tahunan ini diikuti oleh sekitar 50 tim kesenian yang berasal dari 10 negara. (Tulisan ini dikirim oleh Banten Creative Community)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...