Guru SMP Luncurkan Buku Berisi Kumpulan Cerpen

Sumber :

VIVA.co.id – Farida D. Emmy, guru SMP Negeri dari Purwokerto, mengulas buku yang ia tulis dalam kumpulan cerpen Sikas di Angkringan Kawan Kita, Komplek Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/1) malam. Karya cerpen yang diberi judul Sikas, bercerita tentang pengalamanya sebagai pendidik, tentang lingkungan yang dekat dengan dirinya.

PNM Hadirkan Kembali MEA 2023 Dukung Karya Anak Bangsa

Acara bertajuk “Diskusi Sastra Kumpulan Cerpen Sikas” tersebut menjadi momentum peluncuran buku yang dihadiri dari berbagai kalangan cerpenis, guru, mahasiswa, penyair, maupun seniman. Farida D. Emmy menyampaikan bahwa seorang guru juga punya tuntutan untuk menulis meski melalui cerita pendek.

“Membangun karakter anak didik bisa melalui media cerita. Begitu pun pekerjaan menulis hasilnya tidak bisa dirasakan dengan cepat, tapi melalui proses yang berkelanjutan. Cerpen Sikas adalah buah karya dari rasa penasarannya pada dunia sastra, karena saya lulusan Sarjana Bahasa Inggris. Namun, ada nilai dan makna yang hendak saya sampaikan pada setiap judul yang tertulis,” paparnya.

Vape Semakin Populer, Raffi Ahmad dan Boedy JVS Hadirkan Inovasi yang Menggebrak di Industri

Acara diskusi sastra tersebut diselenggarakan oleh RIC Karya Kota Semarang dan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) cabang Semarang. Menghadirkan Cerpenis Eko Tunas, pembacaan puisi oleh Atik Sadewo dari Ungaran, dan dimoderatori oleh Waluyo Suryadi.

Cerpenis Eko Tunas mengatakan kumpulan cerpen karya Farida D. Emmy bercerita tentang pengalaman dan lingkungan yang dekat dengan dirinya, sekaligus sebagai bahan riset menjiwai bagi pengalaman estetika. Tentang murid-muridnya, kolega gurunya, sampai bercerita tentang penjaga sekolah yang kental dengan suasana pegunungan di daerah Banyumas, Purwokerto.

Dukungan Sandiaga pada Edukasi Perfilman dan Karya Anak Bangsa

“Bahkan ia tidak sekadar bercerita, tapi sarat dengan nilai keindahan yang sesunggunya. Seperti yang dikatakan oleh Jean Paul Sartre, beauty is truth, truth is beauty, keindahan adalah kebenaran, kebenaran adalah keindahan” tuturnya.

Dia juga melanjutkan bahwa, “Tersirat dalam 17 cerpennya, mengenai kegelisahannya sebagai pendidik. Bahwa guru bukan sekadar pengajar, yang sekadar memenuhi tugas kurikulum. Bahwa guru terutama adalah seorang pendidik, yang memberikan pendidikan budi pekerti, sebagai jiwa dari ilmu yang diajarkan”. (Cerita ini dikirim oleh Lukni Maulana, RIC Karya Kota Semarang)

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Comicone.id merupakan platform komik digital yang telah secara resmi diluncurkan pada Jumat, 1 Maret 2024. Kemenparekraf dukung penuh inovasi terbaru ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024