CERITA ANDA

Peliknya Mencari Rupiah di Tengah Pengabdian

Guru bukanlah suatu profesi yang menjanjikan dari segi materi.
Peliknya Mencari Rupiah di Tengah Pengabdian
Ilustrasi guru sedang mengajar (108jakarta.com)

VIVA.co.id - Apapun jabatan, profesi, ataupun keberhasilan seseorang tentu melalui proses belajar baik di pendidikan formal seperti sekolah ataupun di pendidikan non formal seperti kursus atau lembaga pendidikan. Guru adalah sosok yang mendidik setiap insan generasi calon penerus bangsa yang akan menjadi sosok apapun di masa depan sesuai apa yang di minati.

Generasi penerus bangsa adalah semangat guru untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di dunia pendidikan, seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Profesi guru bukanlah profesi yang mudah dan amat sangat diminati oleh banyak orang. Tidak semua orang mau dan mampu untuk menjadi seorang guru meskipun ia sangat ahli dalam bidangnya. Guru adalah seorang pendidik, sehingga sebagai seorang pendidik seorang guru harus mau mengorbankan jiwa, raga, serta pikiran sepenuhnya demi kemajuan peserta didik.

Kita tahu bahwa lagu "Hymne Guru" adalah lagu yang didedikasikan untuk mengenang jasa-jasa guru yang liriknya sering kali berkumandang saat upacara bendera. Dalam lagu tersebut ada kalimat yang menyatakan bahwa, "Engkau patriot, pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa".

Ada sesuatu yang menggelitik ketika menelaah dengan teliti setiap kata tersebut. Setiap guru yang mengajar karena panggilan hatinya tentu tidak akan memikirkan ada sesuatu yang akan dia dapatkan seusai melaksanakan tugasnya, karena kepuasan terbesar baginya adalah keberhasilan peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya.

Beberapa orang yang berpikiran amat sangat realistik dan materialistik mungkin tidak akan menyukai profesi ini, karena jauh di luar sana masih banyak profesi yang lebih menjanjikan dari segi material yang bisa mencukupi segala kebutuhan pada zaman ini. Guru bukanlah suatu profesi yang amat sangat menjanjikan dari segi materi, tetapi dari segi kepuasan batin pada setiap insan yang memilihnya.

Tidak dapat dipungkiri seiring semakin majunya sebuah peradaban maka akan berimbas pada teknologi serta pengetahuan yang semakin maju pula. Hal ini membuat dari zaman ke zaman selalu ada peningkatan, termasuk dalam hal peningkatan kebutuhan hidup. Setiap orang butuh sesuatu yang dapat menopang keberlangsungan hidupnya seperti kebutuhan makan, sandang, dan papan.

Makan, sandang, dan papan adalah tiga jenis kebutuhan pokok makhluk hidup yang harus terpenuhi, sehingga apapun caranya seseorang akan melakukan suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut. usaha yang dapat di tempuh adalah mencari pundi-pundi rupiah dalam suatu pekerjaan, sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan hidup kita.

Lalu apa kabarnya dengan gaji guru di Indonesia tahun 2016 ini? Seperti lirik lagu "Hymne Guru" yang telah saya ulas tadi, sebagian besar guru tidak meminta sebuah tanda jasa seperti para pahlawan untuk apa yang telah ia lakukan selama memajukan pendidikan di tempat ia berada bertahun-tahun hingga puluhan tahun lamanya. Tapi sudah sewajarnyalah kesejahteraan guru menjadi salah satu prioritas yang perlu dipertimbangkan apabila dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pemenuhan kebutuhan hidup pada saat ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...