CERITA ANDA

Mencicipi Berbagai Kuliner Khas Bekasi yang Lezat

Beberapa di antaranya hanya bisa ditemukan di Kota Bekasi saja.
Mencicipi Berbagai Kuliner Khas Bekasi yang Lezat
Sayur gabus pucung khas Bekasi (U-Report)
VIVA.co.id - Mungkin bagi sebagian orang makanan khas Bekasi masih terasa asing di telinga. Namun, tahukah kamu bahwa Bekasi ternyata tak kalah dengan daerah-daerah lain di wilayah Nusantara. Bekasi juga memiliki makanan khas sendiri yang rasanya patut diacungi dua jempol, bahkan beberapa di antaranya hanya bisa anda temukan di Kota Bekasi saja. Penasaran makanan apa sajakah itu?

1. Sayur Gabus Pucung
Belum ke Bekasi namanya jika kamu belum mencoba masakan yang satu ini. Sayur gabus pucung ini merupakan masakan asli Bekasi dan hanya ada di Bekasi dan sekitarnya saja, lho! Bila dilihat sekilas, hidangan sayur gabus pucung tampak seperti rawon.

Kuah sayur tersebut memang berwana hitam dan kental. Sayur ikan gabus biasanya dimasak dengan menambahkan campuran pucung atau kluwek yang berwarna hitam dan memiliki aroma serta rasa yang khas. Selain itu, masakan khas Bekasi ini juga menggunakan daun jeruk serta tomat untuk menyempurnakan rasa dan aroma. Namun sayangnya, masakan ini sudah agak sulit ditemukan karena bahan dasar utama masakan ini yaitu ikan gabus cukup sulit untuk diternakkan.

2. Sayur Asem Bekasi
Sayur asem asli Bekasi ini berbeda dengan sayur-sayur asem lain yang telah Anda coba sebelumnya. Karena sayur asem khas Bekasi, dengan kuah kuningnya yang menggoda memiliki rasa yang jauh lebih asem dibandingkan sayur-sayur asem daerah lain. Dan sayur asem Bekasi ini terdapat lebih banyak nangka muda di dalamnya. Hemmm..asem-asem segar!

3. Dodol Bekasi
Sama halnya dengan Kota Garut, Bekasi juga memiki dodol sebagai makanan khasnya. Lalu apa yang membuat dodol Bekasi berbeda? Tak lain dan tak bukan karena santannya yang terasa kental di lidah. Dodol ini sendiri lebih sering dijumpai ketika Bulan Ramadhan tiba atau pada Hari Raya Idul Fitri

4. Kue Procot
Kue yang disebut oleh orang Betawi sebagai kue akar kelapa ini berbahan dasar kelapa parut, tepung beras, tepung ketan, tepung hun kue, dan wijen. Bentuknya pun unik seperti akar kelapa. Sama seperti dodol Bekasi, kue ini biasanya marak ditemukan pada hari Lebaran.

5. Kue Rengginang
Kue ini terbuat dari beras sebagai bahan utamanya. Beras yang telah diolah kemudian dijemur dibawah terik sinar matahari. Setelah kering, kue ini lantas di goreng hingga menghasilkan kue yang garing dan renyah. Kue rengginang biasanya memiliki dua varian rasa, manis dan asin. Kue ini dapat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

6. Kue Jalabiya atau Kue Cincin
Kue bulat yang berbentuk cincin ini sedikit mirip bentuknya dengan donat dan memiliki rasa yang manis. Dengan berbahan dasar ketan hitam, kue manis ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Demikian tadi beberapa makanan yang sayang untuk tidak dicoba jika Anda berkunjung ke Bekasi. Meskipun ada beberapa kue yang sedikit sulit untuk ditemukan pada hari-hari biasa, namun keenam makanan di atas bisa menjadi referensi kamu untuk berburu kuliner di Bekasi. So, berani mencoba? (Cerita ini dikirim oleh Bianca Nuriena Nisa, mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...