CERITA ANDA

Capai Tujuanmu di 2016 dengan Tujuh Cara Ini

Fokuslah dengan mengambil langkah kecil untuk menuju tujuan kamu.
Capai Tujuanmu di 2016 dengan Tujuh Cara Ini
Ilustrasi (http://enyymorp.wordpress.com)

VIVA.co.id - Apakah kamu siap untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan pada tahun 2016? Jika begitu, ada yang jauh lebih baik untuk melakukan sesuatu dibanding hanya memilih sebuah resolusi tahun baru. Karena seperti yang kita sering alami, resolusi tahun baru biasanya hanya menjadi wacana yang 85 persen berkemungkinan untuk gagal.

Jadi daripada kamu mengumumkan resolusi di malam tahun baru dan kemudian kamu melanggarnya, berikut ini adalah beberapa cara untuk benar-benar mendapatkan apa yang kamu inginkan di 2016 dan menjadikan 2016 sebagai tahun terbaik yang pernah kamu jalani.

1. Tentukan apa yang benar-benar kamu inginkan
Pertama-tama tanyakan kepada dirimu, apa yang benar-benar kamu inginkan? Setelah itu, pertimbangkan sesuatu yang kamu inginkan, dan kemudian pikirkan tentang pekerjaan atau usaha apa yang diperlukan untuk mendapatkannya. Jika kamu benar-benar menginginkan sesuatu, saatnya untuk bekerja dan berusaha untuk mendapatkan sesuatu itu, jangan hanya menjadikannya angan-angan saja.

2. Tetapkan tujuan yang sangat spesifik dan menuliskannya
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menuliskan tujuan kamu adalah hal yang patut dicoba. Tetapkanlah tujuan jangka panjang kamu secara spesifik. Setelah kamu telah menetapkan tujuan jangka panjang, bagi mereka ke dalam tujuan yang lebih kecil, dan mencari tahu apa yang perlu kamu lakukan setiap hari untuk tetap berada di jalur untuk mendapatkan tujuan-tujuanmu tersebut. Membuat tujuan jangka panjang kamu ke dalam tujuan yang lebih kecil membantu membuat seolah-olah tujuan tersebut mudah untuk dicapai, dan memberikan kamu pandangan yang objektif tentang apakah kamu berada di jalan yang benar untuk mendapatkannya atau tidak.

3. Cari mengapa Anda harus melakukannya
Ketika kamu telah menetapkan tujuanmu, kamu akan menemukan “mengapa saya harus melakukannya”. Pastikan itu semua adalah alasan dari kamu sendiri, bukan paksaan dari orang lain. Memiliki alasan yang kuat akan membantu kamu untuk melalui hari-hari kamu, bahkan  ketika kamu sedang tidak termotivasi untuk mendapatkannya.

4. Beri ruang untuk mencapai tujuan kamu
Untuk mencapai tujuan kamu dan mendapatkan apa yang kamu inginkan, kamu harus memberikan sedikit  ruang dalam hidupmu untuk membuat tujuan kamu menjadi sebuah prioritas. Kamu juga harus bisa menilai, bagaimana kamu menghabiskan waktu kamu sehari-hari. Apakah hari-hari kamu penuh dengan tugas-tugas yang tidak penting? Mulailah mengganti sesuatu yang tidak penting dengan bekerja menuju tujuan kamu, bahkan bila kamu hanya bisa meluangkan satu menit dalam satu hari itu. Terlalu banyak orang yang membuang-buang waktunya, tanpa mengejar atau mengerjakan sesuatu yang benar-benar ingin dicapainya. Jadi, mulailah membuat waktu kosong agar kamu bisa mencapai tujuanmu di tahun 2016.

5. Ubah mindset
Jika kamu masih memiliki pola pikir seperti kebanyakan orang, pola pikir kamu akan menjadi penghalang bagimu untuk mengejar tujuanmu. Mulailah mengubah pikiran negatif kamu, seperti ubahlah kalimat "Saya tidak pernah bisa melakukan itu" menjadi "Saya tidak tahu bagaimana melakukan hal itu sekarang, tapi dengan belajar dan dukungan, saya pasti bisa melakukannya suatu hari nanti".

6. Kalahkan rasa takutmu
Ini merupakan hal yang paling penting, yaitu untuk belajar menaklukkan ketakutan kamu agar bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. Banyak kekhawatiran dan kemungkinan yang akan muncul ketika kamu sedang bekerja menuju tujuan yang besar. Ketika kamu mulai keluar dari zona nyaman dan mengambil tindakan yang nyata untuk mencapai apa yang kamu inginkan, akan muncul berbagai macam rasa takut dalam pikiranmu, seperti takut gagal, takut tidak siap, takut tidak cukup pintar, dll.

Stop pikiran itu semua! Sangat penting untuk tidak membiarkan rasa takut menyabotase kesuksesan kamu. Bila kamu menghadapi kesulitan dalam mengatasi rasa takut, fokuslah dengan mengambil langkah-langkah kecil menuju tujuan kamu. Terkadang, tujuan yang besar tampak begitu sulit dan mustahil. Teruslah bergerak maju, ambil langkah-langkah kecil terdahulu untuk mencapai suatu langkah dan hasil yang besar. Bukannya pepatah pernah berkata sedikit demi sedikit lama kelamaan menjadi bukit, bukan?

7. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang mendukungmu
Hal terakhir ini merupakan hal yang paling penting. Orang-orang di sekeliling kamu menjadi salah satu faktor terbesar kamu apakah kamu dapat mencapai tujuanmu atau tidak. Mulailah menghabiskan waktumu dengan orang-orang yang mendorong, menginspirasi, dan mengantarkanmu untuk menjadi yang terbaik agar kamu bisa mencapai tujuan besarmu.

Jadi, itu merupakan tujuh hal yang bisa kamu coba lakukan dalam menghadapi tahun baru 2016 yang sebentar lagi akan menggantikan tahun 2015. Sudah siapkah kamu untuk mencapai semua tujuan dan cita-citamu di 2016? Good luck! (Tulisan ini dikirim oleh Fadilah Nugroho, mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...