CERITA ANDA

Akhirnya Nama Domain Blog Saya Berubah

Teman-teman tertawa begitu mendengar nama domain blog saya ini.
Akhirnya Nama Domain Blog Saya Berubah
Ilustrasi (U-Report)

VIVA.co.id - Hari ini, saya ingin cerita tentang perubahan nama domain blog saya, dari pertama blog ini dibuat sampai sekarang. Saya enggak tahu cerita ini bakal bikin kalian bosan atau malah kalian baca sampai habis. Tapi yang pertama, biarkan saya menyelesaikan cerita ini ya.

Kalau tidak salah, 14 Februari 2014 adalah tanggal di mana blog ini dibuat. Saya lupa tanggal pastinya kapan, yang pasti tanggal itu adalah tanggal pertama kali saya memposting postingan di blog ini. Saat blog ini awal dibuat, nama domainnya adalah llhmm.blogspot.com. Nama domain yang ketika diucapkan lebih terdengar seperti suara orang yang sedang ngeden dengan mulut tertutup.

Kenapa saya memilih kata 'llhmm' sebagai nama domainnya? Simpel saja, karena kata itu adalah nama akun Twitter saya. Kalau enggak percaya, coba saja kalian search di Twitter. Akun Twitter dengan avatar seorang anak cowok yang sedang mencoba terlihat menggemaskan dengan berfoto mengikuti pose hiasan tanaman berbentuk beruang duduk. Kalau ngikutin pose gajah duduk, nanti saya malah jadi sarung.

Teman-teman saya pada tertawa begitu mendengar nama domain blog ini. Mungkin, mereka tertawa memang karena nama domain saya yang aneh. Atau bisa juga karena nama domain saya susah diucapkan. Atau, bisa juga karena selera humor mereka yang rendah, karena hal sepele begitu saja mereka sudah tertawa.

Kemudian, pada tanggal 26 Desember 2014, saya membuka website idwebhost.com untuk membeli domain .com. Saya beli domain .com alasannya cuma iseng saja sekalian ingin nyoba, bukan untuk ngabisin uang atau mau sombong. Yah, mungkin sedikit.

Saat itu, saya kepikiran untuk mengganti nama domain blog saya menjadi ilham.com. Kenapa begitu? Biar orang-orang sangat gampang untuk mengingatnya dan mungkin juga bisa membuat blog saya lebih sering dikunjungi. Kemudian saya coba membuka "new tab" dan menuliskan ilham.com namun yang muncul adalah keterangan bahwa domain tidak tersedia. Saya mencoba buka ilham.com lagi, yang muncul masih sama. Besoknya juga, besoknya lagi, dan besoknya, dan besoknya, dan besoknya.

Kemudian saya iseng meng-klik tulisan "sale or lease" yang warnanya biru dan tiba-tiba malah muncul tab baru di browser saya dan munuju ke sebuah website dengan tampilan "noktadomains.com". Nah, sekarang baru deh saya tahu kalau ternyata perusahaan penyedia domain yang bernama Noktadomains sengaja membuat nama domain ilham.com menjadi miliknya. Jadi, orang lain yang menginginkan nama domain ilham.com harus melakukan penawaran dengan Noktadomains untuk memiliki sepenuhnya atau menyewanya seharga 180 dollar per bulan.

Yah, sama lah seperti oknum-oknum yang suka membeli bensin dalam jumlah banyak untuk ditimbun dan baru dijual dengan harga yang jauh lebih mahal saat minyak sudah langka. Ya, semacam investasi menjijikkanlah. Saya juga kaget begitu mengetahui harga sewanya yang mencapai 180 dolar per bulan. Kalau dirupiahkan ke kurs rupiah saat ini, berarti 180 x 14.000 = 2.520.000. Harga yang mahalnya enggak masuk akal.

Padahal, harga rata-rata domain .com hanya Rp 100.000 per tahun, dan ini 2,5 juta hanya untuk satu bulan. Yang kasih harga pintarnya bukan main. Pantas dari tahun 2004 enggak ada yang mau beli domain ilham.com. Ya sudah, jadinya saya beli domain dengan nama ilhamm.com. Domain yang saya harapkan juga bisa gampang diingat orang dan memungkinkan blog saya jadi sering dikunjungi. Tapi sayang, sama seperti domain llhmm.blogspot.com, domain ilhamm.com ketika diucapkan juga terdengar seperti ngeden dengan mulut tertutup. Jangan dicoba, nanti jadi jijik sendiri.

Di awal Desember tahun 2015 ini, nama domain ilhamm.com yang saya beli masa berlakunya sudah tinggal beberapa hari lagi. Kalau saya masih menginginkan nama domain ini, saya memang diharuskan untuk memperpanjangnya. Mungkin karena pihak idwebhost juga memikirkan hal yang sama, mereka lalu mengirimkan saya SMS pemberitahuan agar saya segera memperpanjang masa penggunaan nama domainnya.

Tapi, saat itu saya berpikiran untuk tidak memperpanjang nama domain ilhamm.com karena saya ingin menggantinya menjadi ilhamirwinansyah.com. Alasannya? Yaa, biar saat diucapkan nggak terdengar seperti ngeden dengan mulut tertutup dan ingin saja pakai nama panjang sendiri. Jadi, karena saya tidak ingin memperpanjang nama domain ilhamm.com, jadinya saya biarkan saja sampai masa waktunya benar-benar habis.

Tapi karena pihak idwebhost tidak tahu kalau saya tidak ingin memperpanjangnya, jadinya mereka terus mengirim SMS pemberitahuan ke handphone saya. 1 SMS, 2 SMS, 3 SMS, 4 SMS, dst. Karena saya enggak mau mendapat SMS pemberitahuan yang semakin banyak, jadinya saya memutuskan untuk membalas SMS-nya dengan memberitahu kalau saya sudah tidak ingin memperpanjang nama domain ilhamm.com lagi.

Setelah itu, saya pikir dengan saya membalas SMS tersebut mereka menjadi sudah tahu dan tidak mengirim SMS pengingat lagi. Tapi ternyata, saya masih tetap mendapat SMS yang ke 5. Saya enggak tahu kenapa mereka mengirim SMS pemberitahuan sampai sebanyak itu, mungkin karena mereka memang baik atau memang lagi kebanyakan pulsa. Tapi yang pasti, saya jadi risih karena kebanyakan dapat SMS. In the end, saya resmi memakai domain ilhamirwinansyah.com mulai tanggal 9 Desember 2015, dan sampai seterusnya. (Cerita ini dikirim oleh Ilham Irwinansyah)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...